Polda Kalimantan Selatan menerjunkan Unit Polisi Satwa (K-9) Direkrorat Samapta melakukan sterilisasi gereja di Kota Banjarmasin jelang perayaan Paskah dalam peringatan wafat dan kebangkitan Isa Almasih.

"Hasil pemeriksaan tim tidak ditemukan benda-benda mencurigakan seperti bahan peledak dan lainnya," terang Direktur Samapta Polda Kalsel Kombes Pol Pepen Supena di Banjarmasin, Kamis.

Ada empat gereja di ibukota provinsi Kalimantan Selatan yang disambangi, yaitu Gereja Katedral, Gereja Santa Maria, Gereja HYMK dan Gereja GKKA. Keempatnya menggelar rangkaian peribadatan Paskah.

Pepen menegaskan masyarakat tak perlu takut dalam menjalankan ibadah karena negara menjamin keamanan bagi seluruh masyarakat beribadah sesuai agama dan keyakinan masing-masing.
Polda Kalimantan Selatan menerjunkan Unit Polisi Satwa (K-9) Direkrorat Samapta melakukan sterilisasi gereja. (ANTARA/Firman)


Diakuinya, pengamanan memang lebih ditingkatkan setelah terjadinya bom bunuh diri di Makassar dan juga serangan di Mabes Polri.

Selain penjagaan secara langsung di gereja termasuk markas komando baik di Polda maupun Polres jajaran, polisi juga meningkatkan patroli guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat beraktivitas.

"Kami harapkan masyarakat tetap tenang dan mari kita sama-sama menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Jika ada orang di sekitar mencurigakan segera informasikan ke polisi," tandasnya.

Diketahui Tri Hari Suci dimulai pada misa Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah 2021. Karena pandemi COVID-19, gereja tidak bisa mengadakan misa dengan kapasitas penuh. Umat yang tidak dapat mengikuti misa secara langsung, bisa mengikuti ibadah secara streaming di rumah masing-masing.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021