Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah menyatakan situasi keamanan di Kalimantan Selatan (Kalsel) relatif kondusif namun pihaknya tetap siaga mengamankan wilayah jelang pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel dan Pilwali Banjarmasin. 

"Dalam pemilihan nantinya harus kita pastikan dapat berjalan aman dan lancar. TNI siaga dan saya terus berkoordinasi dengan Kapolda untuk pengamanan," terang dia di Banjarmasin, Jumat.

Hal itu disampaikan Danrem saat Apel Komandan Satuan (Dansat) Kodam Vl/Mulawarman di Mahligai Pancasila Banjarmasin. Ditegaskan dia, pesta demokrasi pilkada belum berakhir, sehingga prajurit tidak boleh lengah.

Untuk itulah, Firman meminta anggotanya dapat terus melakukan deteksi dini dinamika di lapangan agar jangan sampai memantik situasi tak diinginkan.

Kepada masyarakat, dia mengingatkan agar tetap menjaga persatuan dan jangan sampai mau dipecah belah oleh masing-masing kubu yang berseberangan.

"Pilihan politik boleh berbeda namun kita tetap harus saling menjaga persatuan. Siapa pun pemenangnya kita dukung itulah pilihan rakyat Kalsel," pungkasnya.

Selama dua hari pelaksanaan Apel Komandan Satuan (Dansat) Kodam Vl/Mulawarman digelar di masing-masing wilayah. Untuk Kalimantan Selatan dilaksanakan di Mahligai Pancasila Banjarmasin yang resmi ditutup oleh Kasdam Vl/Mulawarman Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta.

Pangdam Vl/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kasdam menyampaikan kegiatan Apel Dansat dilaksanakan guna untuk lebih meningkatkan integritas dalam mewujudkan profesionalisme  prajurit, seiring dengan pesatnya arus globalisasi, perkembangan lingkungan strategis dan kompleksitas tugas yang dihadapi di wilayah Kodam VI/Mulawarman.

“Dengan berakhirnya Apel Dansat ini, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara yang telah bekerja secara optimal sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar," tuturnya.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021