Wabah pandemi COVID-19 yang sedang melanda Indonesia bahkan dunia tidak menghalangi semangat bagi pemasar Mikro BRI atau yang biasa disebut Mantri BRI untuk tetap produktif dan terus memberikan dukungan terhadap keberlangsungan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di kota Banjarmasin. 

Di tengah segala keterbatasan kondisi akibat pandemi, Mantri BRI tetap aktif mendekatkan layanan perbankan kepada masyarakat sekitar. 

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh M.Rifja Rullyda Mantri BRI Kc Kandangan yang bertugas di Desa Asam Kandangan, Kalimatan Selatan. 

Rully juga bercerita, dirinya selalu penuh semangat untuk terus turun ke lapangan melakukan pendampingan dan pelayanan terhadap masyarakat. 

"Saat pandemi, UMKM banyak yang terdampak sehingga hal tersebut menjadi motivasi bagi saya untuk ikut berperan dalam menyelamatkan dan membangkitkan kembali usaha mereka,"  kata Rully.

Setiap harinya, Rully bertugas memastikan kondisi para nasabah yang terdampak pandemi.

Perjalanan yang tidak mudah tak menyurutkan semangat Rully untuk melayani nasabah, jalan yang dilalui cukup sempit dan berliku untuk mendatangi rumah-rumah nasabah yang berada di pelosok pedesaan. 

Sementara itu, ia juga melakukan pendataan mengenai para nasabah dan calon nasabah BRI yang usahanya tidak begitu terdampak penurunan kondisi ekonomi akibat pandemi. 

Dalam menyelamatkan usaha nasabah pada masa pandemi, sesuai arahan regulator dan manajemen, Rully mengidentifikasi debitur yang terdampak dan diberikan keringanan skema pembayaran atau yang akrab kita kenal dengan istilah Restrukturisasi. 

Mayoritas dari nasabah restrukturisasi adalah para pelaku usaha di bidang perdagangan. Sisanya mayoritas nasabah dan masyarakat di Desa Asam Kandangan tidak mengalami kondisi akibat pandemi, karena warga yang di lokasinya bertugas bergerak di industri peternakan.

Selama berkeliling melayani masyarakat dan nasabah, Rully mengandalkan platform BRISPOT milik BRI untuk menulis laporan dan memfasilitasi permintaan pembiayaan. 

BRISPOT adalah aplikasi pengajuan pembiayaan BRI yang memungkinkan proses pengajuan kredit dapat dilakukan dari manapun dan kapanpun sehingga proses kredit dapat berjalan lebih mudah, cepat, dan transparan.  

Melihat semangat Rully yang tak pernah habis, tak heran bila Mantri BRI disebut sebagai sosok yang berperan penting dalam upaya menjaga dan memulihkan perekonomian Indonesia.

Kehadiran Mantri BRI membuat banyak masyarakat dan pelaku UMKM tak lagi kesulitan mengakses layanan keuangan formal.
BRI dukung UMKM di masa pandemi COVID-19.(Antaranews Kalsel/istimewa)

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021