Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru M Subakhi meminta pemerintah kota menambah fasilitas di Pasar Pondok Mangga sehingga pedagang tenang dan nyaman berjualan di tempat itu. 

"Kami minta Pemkot Banjarbaru segera menambah fasilitas yang masih kurang di pasar itu sehingga pedagang eks Pasar Bauntung subuh yang menempati pasar itu tenang dan nyaman," ujarnya di Banjarbaru, Rabu.

Diketahui, Pasar Pondok Mangga yang terletak di Kelurahan Loktabat Utara dekat SMPN 9 Banjarbaru menjadi pasar alternatif atau pilihan untuk menampung pedagang kaki lima eks Pasar Bauntung subuh.

Menurut Subakhi, Pemkot Banjarbaru sebagai pemilik dan pengelola pasar berkewajiban melengkapi kekurangan fasilitas tempat jual beli itu sehingga memberikan kenyamanan pedagang maupun pengunjung pasar. 

"Pembenahan yang perlu secepatnya dilakukan adalah peningkatan badan jalan. Sekarang kondisi jalan masih perkerasan dan diharapkan segera ditingkatkan dengan pengaspalan," ucap politisi PPP itu.

Disebutkan, situasi pasar sendiri sejak dibuka tiga hari yang lalu sudah makin ramai ditempati pedagang sehingga tinggal pemkot melengkapi fasilitas yang masih kurang termasuk kanopi sebagai pelindung tempat berjualan. 

"Saya sudah melihat langsung sejak hari pertama pasar buka, pedagang cukup ramai dan Selasa hari ini tadi, jumlah pedagang berjualan mencapai ratusan orang, pengunjung juga cukup banyak," ungkap anggota komisi III itu. 

Seperti diketahui, pedagang kaki lima Pasar Bauntung subuh sudah tidak boleh berjualan lagi di lokasi lama karena dipindah ke Pasar Bauntung baru Jalan RO Ulin sejak tanggal 28 Februari 2021.

Pemindahan sempat mendapat reaksi PKL subuh yang jumlahnya mencapai 500 orang tetapi tidak dapat tempat sehingga pemkot memberikan solusi menempatkan ratusan pedagang itu ke Pasar Pondok Mangga. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021