Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin mengukuhkan dan melantik kepengurusan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru masa bakti 2021-2024. 

Pelantikan kepengurusan TP PKK yang diketuai Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin dilaksanakan sederhana di Aula Gawi Sabarataan Pemkot Banjarbaru dihadiri seluruh pengurus hingga tingkat kecamatan dan kelurahan. 

"Gerakan PKK merupakan gerakan nasional masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan prinsip kerja partisipatif yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat," ujar wali kota usai pelantikan. 

Menurut dia, melalui Gerakan PKK peran serta aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan ikut digalang dan ditingkatkan sehingga diharapkan merasa punya beban dan tanggung jawab bersama.

Disebutkan, beban dan tanggung jawab bersama dalam pembangunan dan pemberdayaan keluarga yang meliputi bimbingan, pembinaan dan pemberdayaan agar keluarga hidup sejahtera, maju dan mandiri.

"Pembangunan akan berhasil dengan efektif jika satu sisi tersedia fasilitas, kemudahan-kemudahan dan sistem layanan yang disediakan pemerintah, dan di sisi lain ada partisipasi aktif seluruh masyarakat," ucapnya. 

Ditekankan, gerakan PKK harus terus menunjukan dukungan pada proses pembangunan masyarakat, bangsa dan negara, juga eksis mengangkat dan memberdayakan keluarga dari kemiskinan dan ketertinggalan.

Wali kota juga berpesan, pengurus PKK terus meningkatkan penyuluhan mengenai 10 program pokok PKK seperti pembinaan sikap mental anak dan remaja, peningkatkan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK.

Kemudian, pemahaman tentang pangan keluarga Bergizi, Beragam, Seimbang dan Aman, (B2SA), program Halaman, Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman (Hatinya PKK), Posyandu hingga gerakan sayang ibu.

"Keberhasilan gerakan PKK tidak hanya tergambar dari suksesnya lomba-lomba tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, hingga nasional, tetapi diukur dari seberapa besar manfaatnya," kata dia.

Ditambahkan, pengurus TP PKK Kota Banjarbaru diharapkan mendukung Pemkot mewujudkan visi dan misinya serta aktif berkoordinasi instansi lain dan diharapkan jadi leading sektor pemberdayaan masyarakat. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021