Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalimantan Selatan meluncurkan aplikasi b-SDM dalam mewujudkan pelayanan digital anggota Polri yang Presisi (Prediktif, Resposilitas dan Transparansi berkeadilan) sesuai program Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

"Aplikasi ini untuk pelayanan internal anggota menjadi sistem digital semua guna memudahkan beragam urusan yang terkait Biro SDM tanpa harus bertatap muka," terang Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Nanang Masbudi di Banjarmasin, Selasa.

Dijelaskan dia, aplikasi b-SDM juga mendukung upaya pencegahan penularan COVID-19, dimana meminimalisir interaksi antar anggota ketika berurusan lantaran semua prosesnya hingga persetujuan pimpinan cukup melalui ponsel di tangan.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto dan Wakapolda Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono didampingi Karo SDM Kombes Pol Nanang Masbudi saat peluncuran aplikasi b-SDM. (ANTARA/Firman)


Nanang memastikan hak-hak anggota berkaitan perawatan, kesejahteraan hingga pengembangan karir di-cover semua dalam aplikasi b-SDM. Sistemnya sangat transparan dan akuntabel, sehingga semua anggota mendapatkan hak dan kesempatan yang sama.

Termasuk penyediaan pelatihan dapat dimanfaatkan anggota untuk menambah kompetensi dalam rangka persiapan mengikuti pendidikan dan sebagainya.

"Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan Mabes Polri jadi bisa realtime setiap data terinput langsung diketahui pimpinan," tuturnya.
Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto dan Wakapolda Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono didampingi Karo SDM Kombes Pol Nanang Masbudi saat peluncuran aplikasi b-SDM. (ANTARA/Firman)


Adapun pelayanan aplikasi b-SDM secara garis besar terdiri dari empat bagian yaitu Bagian Pembinaan Karir (Binkar) meliputi assesment dan pangkat, Bagian Pengendalian Personel (Dalpers) meliputi pendidikan dan asisten e-leranin, Bagian Psikologi meliputi tes senpi, konseling pra nikah dan E- Mental. Kemudian Bagian Perawatan Personel (Watpers) meliputi cuti dan izin, izin nikah, pensiun, tanda kehormatan, pengakhiran dinas dan gaji berkala.

Peluncuran aplikasi b-SDM dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto dan Wakapolda Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel dengan dihadiri segenap unsur baik internal maupun eksternal yang mendukung peningkatan pelayanan berbasis digital di tubuh Polri.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021