Banjarmasin, (AntaranewsKalsel)- Dinas Bina Marga Pemerintah Kota banjarmasin, Kalsel, menyatakan sebanyak 80 persen jalan dalam kota dan lingkungan di kota tersebut kini sudah mulus.

"80 persen jalan yang dikelola Pemkot Banjarmasin selama kepemimimpinan Wali Kota Haji Muhidin dalam lima tahun ini sudah diperbaiki dan mulus," kata Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin Gusti Riduan Sofyan di Banjarmasin, Senin.

Kondisi tersebut sangat menggembirakan jika dibandingkan periode sebelum kepemimpinan Haji Muhidin dimana waktu itu hanya sekitar 20 persen yang baik selebihnya masih memprihatinkan.

Ini kebijakan pimpinan kota yang menekankan pentingnya infrastruktur jalan dan jembatan dalam menudukung kelancaran dan keamanan berlalu-lintas.

Riduan menjelaskan panjang jalan baik jalan katagori jalan kota maupun jalan lingkungan di wilayahnya mencapai 720 kilometer, sementara jumlah jembatan 475 buah.

Sebagian besar jalan dan jembatan itu sudah bagus, kecuali jembatan yang terus dilakukan perbaikan secara bertahap karena sebagian besar jembatan masih berupa bangunan kayu ulin yang akan diganti secara bertahap dengan kontruksi beton, katanya menambahkan.

Kepada masyarakat dimana jalan kota dan jalan lingkungan kondisinya rusak, diminta mengajukan perbaikan kepada Pemkot Banjarmasin dan semua itu nanti akan dievaluasi dan dilakukan skala perioritas untuk diperbaiki secara bertahap.

Begitu juga mengenai jembatan, masyarakat bisa pula mengajukan permohonan untuk perbaikan dan itupun akan dievaluasi untuk perbaikannya.

Mengenai pembangunan jembatan besar menyeberangi Sungai Martapura, ia mengakui akan ada pembangunan lagi sebuah jembatan besar yang menghubungkan Sungai Jingah ke Kampung Melayu.

"Kita berharap dengan adanya jembatan besar tersebut akan mengurangi kemacetan dalam kota yang belakangan kian dirasakan masyarakat," demikian Riduan Sofyan.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015