Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta mengapresasi PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap membangun perekonomian masyarakat Kecamatan Kintap melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Menurutnya, dengan pembimbingan dan arahan dari PT Arutmin Tambang Kintap, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kintap dapat bergerak lebih maju dan besar.

“Contohnya saja Ibu Nining yang produk jamunya sudah sampai Turki dan diminati oleh mereka. Tentunya ini merupakan peluang yang bagus dan dapat menerobos pasar internasional,” ucap Bupati Tanah Laut HM Sukamta, saat meresmikan Program PPM Kemandirian Ekonomi di PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap, Rabu (3/3).

Sukamta mengajak,  seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di wilayah Bumi Tuntung Pandang menginspirasi BUMDesa Berkah Mulia karena terbukti mampu bersaing dengan pengusaha nasional dalam mitra kerja penyediaan catering di PT Arutmin Indonesia.

Bupati juga berharap,  semua BUMDesa harus memiliki tekad yang kuat dan cita-cita besar untuk meraihnya keberhasilan.

“Dengan langkah kecil, lalu kita berpikir besar dan gerak cepat untuk berubah , itu yang akan membuat UMKM kita besar dan membangun perekonomian yang lebih maju lagi,”tandasnya.

Sementara itu Mine Manager dan Kepala Teknik Tambang Lutfi Qolbirokhim mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat sekitar sudah dapat mandiri dan menompang masa depan yang lebih baik.

“Jika sudah ada modal dasar dan pondasi yang kuat, usaha-usaha di desa juga dapat berjalan dengan baik serta mereka dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat di wilayahnya,”tegasnya.

Selain peresmian, Sukamta juga menyerahkan beberapa penghargaan kepada BUMDesa Berkah Mulia sebagai kontributor pendapatan asli Desa Bukit Mulia tahun 2019 dan tahun 2020.

Selain itu, bupati juga menyerahkan satu unit ambulance dari PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap ke Desa Bukit Mulia.
Bupati Tanah Laut HM Sukamta menyrrahkan mobil ambulance bantuan PT Arutmin Indonesia Tambang Kintap kepada Kepala Desa Bukit Mulia, Kecamatan Jorong, Rabu (3/3).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021