Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Kalimantan Selatan mengerahkan tenaga vaksinator untuk mempercepat program vaksinasi COVID-19 bagi anggota Polri di Bumi Lambung Mangkurat.

"Kami memiliki sejumlah tenaga vaksinator yang telah terlatih sehingga mendukung kecepatan kerja dalam program vaksinasi tahap dua yang satu di antara sasarannya anggota Polri," terang Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Ubaidillah di Banjarmasin, Rabu.

Polda Kalsel mencatat ada 150 anggotanya telah mengikuti vaksinasi di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri pada hari ini. Kemudian yang mengikutinya di Mahligai Pancasila dalam pencanangan vaksinasi tahap dua oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ada 11 personel.

"Jadi khusus di Kota Banjarmasin hari ini ada 261 personel telah divaksin, termasuk 100 anggota Polresta Banjarmasin. Sedangkan Polres lainnya juga melaksanakan namun datanya belum kami terima," tutur Ubaidillah.

Sedangkan sekitar 50 anggota Bid Dokkes Polda Kalsel dan Urkes jajaran juga telah divaksinasi terlebih dahulu bersamaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan termasuk Kombes Pol dr Ubaidillah sendiri yang menjadi polisi pertama di Kalsel mengikuti vaksinasi pada 14 Januari 2021 bersama Forkopimda Kalsel.

Saat ini jumlah anggota Polda Kalsel  sebanyak 8.205 personel. Dari jumlah itu, 351 anggota Polri di Kalsel pernah terpapar COVID-19 dan telah dinyatakan sembuh. 
Sejumlah pejabat Polda Kalsel memgikuti vaksin COVID-19 di Mahligai Pancasila Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Bagi penyintas COVID-19, tidak bisa divaksin berjenis Sinovac tersebut, sehingga Polda Kalsel menginstruksikan anggotanya dapat ambil bagian dalam aksi kemanusiaan donor darah plasma konvalesen.

"Jadi anggota Polda Kalsel dan Polres jajaran benar-benar skala prioritas dulu yang divaksin sesuai jatah kuota dosis vaksin yang tersedia," timpal Ubaidillah.

Vaksinasi COVID-19 tahap dua di Provinsi Kalimantan Selatan resmi dimulai hari ini dengan menyasar TNI-Polri, petugas pelayanan publik, lansia, wartawan, pedagang pasar hingga para sopir angkutan umum.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021