Dinas Kepemudaan dan Olahraga Dispora) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan kembali menggelar Pemilihan Pemuda Pelopor 2021 tingkat Kota Banjarmasin.

"Pemilihan Pemuda Pelopor 2021 tingkat Kota Banjarmasin sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan program kegiatan penyadaran dan pengembangan pemuda dan kepemudaan terhadap pemuda pelopor kabupaten/kota, wirausaha muda pemula dan pemuda kader kabupaten/kota,"ujar Panitia Penyelenggara Pemilihan Pemuda Pelopor 2021 tingkat Kota Banjarmasin Apriadi, di Banjarmasin, Selasa (2/3).

Pemilihan Pemuda Pelopor 2021 tingkat Kota Banjarmasin, sebut dia, merupakan program  pengembangan kapasitas daya aaing kepemudaan dengan pembentukan kepanitiaan dan perangkat pelaksana lainnya.

"Kegiatan ini sudah dilaksanakan berupa pra sosialisasi  dengan melaksanakan pengumuman melalui Medsos IG Dispora_Kota_Banjarmasin, Website Dispora, IG dan WA Fkp, Fppl, partisipasi kawan kawan melalui Medsos yg ada dan  Facebook serta IG Diskominfoti,"terangnya. 

Sosialisasi, jelas dia, juga melalui talkshow online pada tanggal 8, 15 dan 22 Februari 2021 dengan narasumber Pemuda Pelopor 2020 melalui IG Pemuda Pelopor.  

Apriadi berharap, pelaksanaan Pemilihan Pemuda Pelopor 2021 dapat tersosialisasikan kepada masyarakat luas.

"Pemilihan  Pemuda Pelopor 2021 dilaksanakan Maret hingga Juli 2021.  Untuk sosialisasi tatap muka dan pendaftaran Insya Allah dilaksanakan b
Maret hingga pertengahan Mei 202,"tegasnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pada akhir Mei 2021 dilaksanakan fact finding kelapangan terhadap para peserta yang sudah mendaftarkan diri. Fact Finding atau survey dilaksanakan oleh Tim Asisten Juri untuk melihat secara langsung kegiatan kepeloporan peserta seleksi Pemuda Pelopor.

"Pendaftaran peserta bisa melalui Google Form http://bit.ly/PemilihanPemudaPelopor2021. Para peserta yang ingin mendaftarkan diri diminta mengisi form yang sudah tersedia,"terangnya.

Sedangkan untuk seleksinya, papar dia,
akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021 dan pelaksanaan Pemilihan Pemuda Pelopor dilaksanakan dengan dua skenario, yakni Ofline dan Online.

"Untuk tahapan Semi Final  dan Final direncanakan dilaksanakan pada  awal Juni 2021, bertempat di Rumah Anno,"tandasnya.

Selanjutnya, sebut Apriadi, bagi peserta yang ikut Pemilihan Pemuda Pelopor, maka pihak panitia atau pemuda pelopor  tahun sebelum siap melakukan pendampingan.

Kemudian, sambungnya, Seleksi Pemuda Pelopor Kota Banjarmasin 2021 meliputi bidang, pendidikan, agama, sosial dan budaya, pengelola sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, pangan dan inovasi teknologi

"Total hadiah diperbutkan  Rp30 juta. Lima bidang  diperlombakan masing- masing ada tiga pemenang, juara satu sampai juara tiga. Jadi keseluruhan ada 15 pemenang,"tandasnya

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021