Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Machli Riyadi menyatakan, vaksinasi COVID-19 tahap ke-2 untuk para warga lanjut usia (Lansia) dan pelayanan publik dimulai hari ini.

"Pelaksana vaksinasi COVID-19 bagi Lansia juga pelayanan publik di puskesmas-puskesmas," ujarnya di Banjarmasin, Senin.

Machli Riyadi mengatakan memantau langsung pelaksanaan vaksinasi tahap ke-2 ini, salah satunya di Puskesmas Cempaka di jalan Cempaka Besar, Kertak Baru Ilir, Banjarmasin Tengah.

"Pelaksana vaksinasi COVID-19 tahap ke-2 di Puskesmas Cempaka berjalan baik dan lancar, cukup banyak warga kita yang sudah Lansia datang untuk divaksin," ujarnya.

Menurut Machli Riyadi, vaksinasi dilakukan secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sehingga tidak ada kerumunan yang mengkhawatirkan akan meningkatkan penyebaran virus Corona atau COVID-19 tersebut.

Dikatakan dia, Kota Banjarmasin pada program vaksinasi tahap ke-2 ini mendapat jatah sebanyak 1.490 vial vaksin merek Sinovac.

Menurut dia, ketersediaan vaksin ini setara dengan 14.900 dosis dengan jumlah sasaran sebanyak 7.450 orang, karena akan dua kali divaksin.

Diungkapkan Machli Riyadi, ketersediaan vaksin memang belum mencakup semua sasaran, bahkan khusus Lansia di kota ini.

"Dari data pada 26 Puskesmas kita, jumlah Lansia yang terdata 49.780 orang," paparnya.

Tentunya, kata dia, pemerintah akan mencukupi pelaksanaan vaksin bagi seluruh Lansia di kota ini, namun dilakukan secara bertahap, hingga seluruh warga kota mendapatkannya.

"Jadi kita semua harus mendukung program ini, karena vaksin ini sudah dinyatakan aman, suci dan halal," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021