Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Selatan(Kalsel) menyerahkan bantuan untuk warga terdampak banjir di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Barabai dan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Penyuluh KB Kecamatan Barabai, Norlaila Yuliyanti, di Batu Tunggal, Selasa (23/2), mengatakan penyerahan bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan perhatian dari BKKBN Kalsel untuk warga terdampak musibah banjir di pertengahan bulan Februari 2021 lalu.

"Penyerahan bantuan diserahkan langsung Kepala BKKBN Kalsel H Ramlan, bantuan tersebut diperuntukkan untuk warga terdampak banjir, Balai KB Kecamatan Barabai dan Hantakan serta 12 penyuluh KB yang juga terdampak banjir," katanya, saat memberikan keterangan.
 

Baca juga: Terkait bantuan Huntap dari BNPB, Pemkab HST harus siapkan tanah untuk relokasi

Dijelaskan dia, bantuan diserahkan di dua tempat yakni di Aula Kantor Kecamatan Hantakan dan di Balai Desa Batu Tunggal, Kecamatan Hantakan, dan selain penyerahan bantuan juga dilakukan kegiatan "Trauma Healing" atau pemulihan psikologis dari Generasi Berencana (Genre) bagi anak-anak pasca banjir.

Trauma healing dalam berbagai bentuk permainan tersebut diikuti secara antusiasme dan keceriaan anak-anak, anggota genre yang terlibat berpartisipasi sekitar 20 orang 1merupakan hasil kolaborasi dari Genre tingkat provinsi dan Kabupaten HST.

Penyerahan bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban para warga, sekaligus dengan trauma healing bisa memberikan semangat dan motivasi bagi anak-anak pasca banjir bandang.
 
Penyerahan bantuan dari BKKBN Provinsi Kalsel (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Sosialisasi advokasi dan KIE, BKKKBN Kalsel dan mitra salurkan 1.500 sembako

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Batu Tunggal, Abdurrahman, mengatakan atas nama pemerintah desa dan mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian dalam bentuk bantuan dari BKKBN Kalsel.

"Terjadinya banjir di sini terjadi Rabu (13/2) sekitar pukul 23.00 hingga jam 3.30 air mulai naik, jadi banyak rumah yang hilang di sini karena banjir bandang, begitupun rusak berat maupun yang rusak ringan," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bidang (Kabid) PPKB Kabupaten HST H. Fardiannor, para penyuluh KB, aparat desa setempat dan Genre Provinsi Kalsel dan Kabupaten HST.
 
Penyerahan bantuan dari BKKBN Provinsi Kalsel (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021