Industri semen Tiga Roda PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun, Kotabaru, menggelar lomba Emergency Response, dalam rangka memeriahkan peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional 2021.

SHECSR Department Head, H. Teguh Iman Basoeki, melalui Safety Officer Indocement Plant Tarjun, Sudirman Noor, mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan budaya K3 bagi semua karyawan.

"Karena berhubungan langsung dengan aktifitas kerja karyawan yang tentunya bermanfaat untuk melatih kesiapan karyawan dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja dan kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat khususnya pada ruang terbatas dan ketinggian," ujarnya, dilaporkan, Selasa.

Kegiatan ini juga melibatkan karyawan yang saat ini aktif bekerja di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tarjun, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan virus Covid-19.

Kegiatan ini juga menjadi tolok ukur manajemen Indocement dalam melihat kesiapan dan keterampilan karyawan dalam rangka menghadapi kondisi darurat di ruang terbatas dan ketinggian, guna mencegah terjadinya kerugian terhadap sumber daya dan peralatan.

Keterampilan ini sangat penting, mengingat PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk adalah merupakan salah satu Objek Vital Nasional (Obvitnas), Oleh karena itu aspek K3 menjadi sangat penting dalam menjalankan bisnis atau industri dengan kompleksitas tinggi di Indocement,” jelas Sudirman.

Selain Emergency Response peringatan bulan K3 nasional tahun 2021 di Indocement juga diramaikan dengan beragam lomba seperti Safety Winner SHE Competition, kompetisi K4LH Departement, kompetisi pembuatan konten videografi bertema safety idea, Clean Site Safe Site Competition, Slim More Chalenge Competition, yang seluruhnya mengambil tema tentang K3.

“Dalam rangkaian program ini, kami juga menggelar workshop cara penanganan ular + First Aid dan Workshop Jungle Rescue oleh Basarnas Kotabaru,” tambahnya.
 
Program itu merupakan salah satu bentuk partisipasi aktif perusahaan dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3.

Diharapkan keapda seluruh karyawan, rekanan, mitra kerja, hingga masyarakat sekitar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dalam menghadapi keadaan darurat.


 

Pewarta: Imm

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021