Kalangan legislatif Kotabaru siap memfasilitasi bagi para pemuda warga Bumi Saijaan lulusan SLTA sederajat yang ingin mendapatkan beasiswa pendidikan jenjang perguruan tinggi melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Bidikmisi.

Sekretaris Komisi I DPRD Kotabaru, Rabbiansyah mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi bagi para lulusan SMA sederajat yang menginginkan beasiswa kuliah, khususnya yang berdomisili di daerah pemilihan (Dapil) tiga mencakup Kecamatan Pamukan Utara, Pamukan Barat, Pamukan Selatan, Sungai Durian dan Sampanahan.

"Program ini kembali di buka oleh pemerintah pusat, program kuliah gratis plus setiap bulan nanti akan di berikan uang saku sebesar Rp700 ribu, langsung masuk ke rekening mahasiswa yang bersangkutan," katanya.

Dikatakan Robby, sapaan akrabnya, program ini ditujukan bagi warga yang tidak mampu dan punya keinginan yang kuat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Adapun syarat  pengajuan Program Beasiswa Bidikmisi adalah, yang bersangkutan merupakan Penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Kartu Keluarga Sehahtera (KKS) dan Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Bagi yang memenuhi syarat di tersebut lanjutnya, maka berkesempatan untuk kami bantu kuliah tanpa biaya, bahkan pemerintah memberikan subsidi uang saku sebesar Rp700 ribu per bulan yang nantinya masuk ke rekening mahasiswa langsung.

Untuk memulai prosedur dalam mendapatkan beasiswa tersebut, Robby menyarankan agar calon mahasiswa mendaftar ke kampus tujuan secara online ke laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

“Setelah dinyatakan lolos verifikasi maka nanti akan di kirimi Nomor Pendaftaran untuk di lanjutkan mendaftar ke kampus tujuan dan saya siap membantu” ungkap Robby.

Pada bagian lain, politisi Perindo ini berharap Pemerintah Daerah dapat membuat program penunjang bagi warga Kotabaru yang kuliah di luar kota, seperti membuatkan Asrama Mahasiswa dan memberikan fasilitas rutin lainnya dalam rangka membantu meringankan beban mahasiswa yang kurang mampu, mengingat program beasiswa seperti KIP Kuliah ini tidak termasuk biaya kost.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021