Superintrndent CDEA PT Arutmin Kintap, Tanah Laut, Kalimantan Selatan Yudo Prabowo mengatakan, program pemeriksaan ibu hamil di Puskesmas Sungai Cuka Kintap merupakan salah satu program yang dicanangkan PT Arutmin Kintap bekerjasama dengan UPT Puskesmas di Kecamatan Kintap.

"Pada hari ini kita telah memfasilitasi pemeriksaan 60 ibu hamil ke UPT Puskesmas Sungai Cuka Kintap,"ujar Superintendent CDEA PT Arutmin Kintap, Tanah Laut Yudo Prabowo, Selasa (16/2). 

Menurut dia, tidak lah populis, namun dapat dilihat dalam jangka panjang hasilnya.

"Program ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan,"ungkapnya.

Selain bidang kesehatan, jelas dia, PT Arutmin Kintap juga membantu dalam program pendidikan, usaha kecil, ketrampilan menjahit, komputer dan pertanian arti luas.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat membantu warga sekitar kegiatan tambang PT Arutmin.

Terpisah, Kepala UPT Puskesmas Sungai Cuka Witaya mengungkapkan, pemeriksaan ibu hamil secara rutin dilakukan di UPT Puskesmas Sungai Cuka dengan mendatangkan dokter spesialis kandungan difasilitasi PT Arutmin Kintap.

"Pemeriksaan rutin OSG untuk ibu hamil di UPT Puskesmas Sungai Cuka sangat membantu sekali unguk meminimalisir kematian ibu dsn anak,"tegasnya.

Sementara, Dokter Spesialis Kandungan  RSUD H Boejasin Pelaihari Singgih Sidharta mengungkapkan, kerjasama PT Arutmin Kintap dengan UPT Puskesmas di Kintap sudah berjalab dari tahun 2017 hingga sekarang.

"Adanya kerjasama pemeriksaan ibu hamil ini dampaknya sangat dirasakan. Dulu angka kematian ibu dan anak sembilan orang pertahun menjadi turun drastis. Kini hanya satu orang pertahun,"tandasnya.
Ptogram pemeriksaan ibu hamil di UPT Puskesmas Sungai Cuka Kintap merupakan salah satu program yang dicanangkan PT Arutmin Kintap bekerjasama dengan UPT Puskesmas di Kecamatan Kintap, Selasa (16/2).Foto:Antarsnews Kalsel/HO.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021