Bupati Banjar Khalilurrahman meresmikan fasilitas air siap minum di halaman Masjid Agung Al Karomah Martapura yang dibangun atas kerja sama Dinas PUPR Kabupaten Banjar dengan PDAM Intan Banjar.

Peresmian yang dilakukan, Kamis dihadiri Sekda Banjar M Hilman, Kepala Dinas KISP Aidil Basith, Kadis Pemuda dan Olahraga Ikhwansyah, Kepala Dinkes Dr Diauddin, serta pengurus Masjid Agung Al Karomah. 

Bupati mengatakan, fasilitas publik itu disiapkan guna meningkatkan kualitas dan inovasi sekaligus memudahkan masyarakat mendapatkan air siap minum serta meningkatkan daya tarik Masjid Agung Al Karomah.

"Fasilitas air siap minum ini membuat masyarakat tak repot lagi menyiapkan botol air minum, dan selain memenuhi kebutuhan air minum sehat juga dapat mengurangi penggunaan plastik," ucap Guru Khalil sapaan akrab bupati. 

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Banjar Irwan Jaya, mengatakan, fasilitas air minum dibangun sebanyak 10 unit berupa anjungan yang bisa diminum langsung jemaah masjid terbesar di Kabupaten Banjar itu. 

"Kami berharap, penyediaan fasilitas ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan air siap minum yang airnya bersumber dari air baku yang telah mengalami penyulingan secara mekanik," ujarnya.

Sebelumnya, jamaah dan pengunjung masjid membawa air atau membeli air mineral kemasan kemudian botolnya dibuang sembarangan sehingga  menginspirasi bupati membuat fasilitas air siap minum.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021