Penghargaan bergengsi diterima Polda Kalimantan Selatan yaitu "Trust Award" dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) yang telah berhasil menyabet juara nasional pelayanan publik di bidang lalu lintas.

"Pelayanan di Polda Kalsel termasuk Direktorat Lalu Lintas sudah sangat bagus dengan beragam inovasi dan terobosannya, sehingga Trust Award tahun ini kami anugerahkan," terang Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Saputra Hasibuan di Banjarmasin, Kamis.

Menurut Edi, Polda Kalsel di bawah pimpinan Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam rangka terwujudnya Polri yang Presisi (Prediktif, Resposibilitas, dan Transparansi Berkeadilan).

Beragam terobosan dan inovasi baru pun dibuat, termasuk aplikasi Ditlantas Mobile dengan berbagai fitur. Di antaranya SP2HP Lantas, Layanan PJR, Antrian Samsat, dan Pelayanan Pengaduan Masyarakat.

Atas berbagai inovasi tersebut, Polda Kalsel mendapatkan predikat juara nasional untuk kategori pelayanan pelayanan publik dari Korlantas Polri tahun 2020. Pelayanan tersebut adalah permohonan STNK pada Kantor Samsat dan pelayanan permohonan BPKB saat pandemi COVID-19.

"Ini bukti Mabes Polri mengakui kinerja Polda Kalsel yang bagus. Semoga semangat melayani dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat ini dipertahankan dan terus ditingkatkan," tutur Edi.
Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Saputra Hasibuan bersama Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo dan Kasubdit Regident AKBP Muhammad Junaidi Joni dan jajaran. (ANTARA/Firman)


Sementara Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengucapkan terima kasih kepada Lemkapi atas penilaiannya  hingga memberkan penghargaan untuk pelayanan di Polda Kalsel.

"Saya berpesan kepada seluruh bidang pelayanan di Polda Kalsel dan jajaran untuk bisa terus berinovasi. Karena dunia ini bergerak terus, jika tak ada terobosan maka kita bakal ketinggalan. Masyarakat butuh pelayanan yang cepat, transparan dan pastinya nyaman tanpa berbelit-belit," kata Kapolda di dampingi 
Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo.

Sebelumnya pada November 2020, Ditlantas Polda Kalsel meraih dua piala sekaligus yaitu juara 1 lomba Design Prototype Gedung Pelayanan BPKB pada Zona B juara 1 lomba Inovasi Pelayanan STNK dan TNKB di era adaptasi kebiasaan baru pada Zona B di acara rapat evaluasi pelaksanaan tugas bidang pelayanan Regident Korlantas tahun 2020.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Kalsel AKBP Muhammad Junaidi Joni menerima penghargaan mewakili Dirlantas Polda Kalsel.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021