Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Sutarto Hadi mengatakan jika pers menjadi bagian penting pembentukan karakter bangsa, sehingga perannya begitu vital dalam pembangunan manusia.

"Pembangunan bangsa ini tidak terlepas dari pemberitaan yang baik karena bagian dari pembentukan karakter bangsa," ucapnya di Banjarmasin, Selasa.

Di momen Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari yaitu hari ini, maka Sutarto berharap pers dapat menjaga marwahnya sebagai pilar demokrasi menegakkan keadilan dan memberitakan yang benar sesuai fakta.

"Tentu berita-berita yang disampaikan juga harus menyejukkan. Jangan sampai kontraproduktif terhadap dinamika di tengah masyarakat," tuturnya.

Sejalan dengan semangat itu, menurut Sutarto antara pers dan pendidikan tinggi harusnya terus bersinergi dalam upaya mencerdaskan bangsa. Sebagaimana ULM sebagai perguruan tinggi negeri terbesar dan terbaik di Pulau Kalimantan dalam klasterisasi pemeringkatan PTN dan PTS oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang selama ini selalu bekerja sama dengan media untuk pemberitaan.

Ditegaskannya, masyarakat yang cerdas akan terbentuk dalam proses pendidikan serta ditunjang arus informasi dari pemberitaan yang positif. 

"Jadi masyarakat jangan sampai mudah terpengaruh berita hoaks apalagi provokatif yang bisa memecah belah persatuan bangsa. Ingat selalu mengambil berita dari sumber terpercaya. Antara lain Kantor Berita ANTARA yang selama ini juga telah menjadi mitra strategis ULM dalam pemberitaan," katanya.

Puncak peringatan HPN 2021 berlangsung di Jakarta yang diikuti secara virtual oleh seluruh insan pers di tanah air. Adapun tema yang diangkat  Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021