Bupati Balangan meminta dinas perhubungan menutup jalur alternatif untuk angkutan berat dari Jalan Gunung Pandau menuju Jalan Lingkar Timur yang berada di wilayah Garuda Maharam, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan.

Hal itu disampaian Bupati Balangan Ansharuddin di Paringin, Senin (1/2) saat rapat koordinasi dengan pihak Dishub, Dinas PUPR, serta Satlantas Polres Balangan yang membahas tentang kerusakan jalan di Gunung Pandau pada kawasan Garuda Maharam yang kondisi jalannya masih belum kokoh dan belum bisa  dilintasi angkutan berat yang bermuatan di atas delapan ton. 

"Hari ini juga saya minta Dishub dan seluruh jajaran terkait, menutup jalan Garuda Maharam. Sebagai alternatif, angkutan bisa melintasi Jalan Gunung Pandau, mengarah ke bundaran Paringin tanpa melintas di kawasan Garuda Maharam," kata Ansharuddin.

Selanjutnya, tambah Bupati, Dinas PUPR akan memperbaiki  bagian jalan yang berlubang dari anggaran yang  bersumber dari APBD Kabupaten Balangan melalui dana pemeliharaan. 


 
. (Antaranews Kalsel/Ragil Darmawan)


 Kepala Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Tuhalus mengatakan, dalam waktu cepat pihaknya akan melakukan pengecekan ulang terhadap kondisi jalan tersebut. 

"Jalan itu akan kami perbaiki, baik yang rusak ataupun yang berlubang akibat dilewati truk bermuatan berat," kata Tuhalus. 

Menurut dia, beberapa lokasi jalan yang rusaki di antaranya pada kawasan perumahan Garuda Maharam dan di area tikungan pada jalan tersebut.

Sebagaimana diketahui, pengalihan arus yang dilakukan oleh Dishub Kabupaten Balangan dan Satlantas Kabupaten Balangan, khusus  angkutan yang di atas lima ton.

Truk-truk bermuatan lebih dari lima ton, diarahkan menuju Jalan Gunung Pandau ke Jalan Lingkar Timur Paringin dan keluar di pertigaan Haur Batu yang melintasi kawasan Garuda Maharam bagi pengendara dari Banjarmasin menuju ke Tanjung, begitu juga sebaliknya. 
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021