Bencana banjir yang terjadi di wilayah Kalimantan Selatan pada pertengahan Januari 2021 memberikan dampak sangat besar bagi masyarakat

. Selain kerusakan infrastruktur, kesulitan dalam pemenuhan keperluan akan kebutuhan hidup juga dirasakan masyarakat yang menjadi korban banjir.

Kondisi ini secara spontan menggerakan hati masyarakat di sekitar area yang terdampak banjir untuk memberikan bantuan sebagai wujud rasa kemanusiaan.

Tak terkecuali bagi segenap manajemen dan karyawan PT Pamapersada Nusantara distrik Adaro (PAMA ADRO) turut mendistribusikan bantuan di empat kabupaten.

CSR Officer PT. Pamapersada Nusantara distrik Adaro Bayu Handoko mengatakan rasa prihatin bagi korban banjir dan donasi ini merupakan wujud rasa kemanusiaan yang secara spontan muncul dari hati para karyawan untuk meringankan beban sesamanya yang terkena musibah.

 "Semoga bantuan ini bisa meringankan beban para korban banjir," jelas Bayu.

 Bantuan disalurkan ke Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Utara dan Hulu Sungai Tengah yang berada dekat wilayah operasional perusahaan. Melalui kerjasama dengan Pemerintah Daerah, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup dan kepolisian PAMA ADRO menyalurkan bantuan berupa sembako, alat perlengkapan bayi dan alat - alat kebersihan.

Bayu menambahkan bantuan ini merupakan hasil kepedulian segenap karyawan dan manajemen melalui donasi PAMA Peduli Banjir Kalimantan Selatan.

Proses penyaluran bantuan di beberapa kabupaten terdampak bencana banjir ini, juga dilaksanakan bersama PT Adaro Indonesia dan mitra kerja lainnya.

Selain bantuan sembako dan alat keperluan kebersihan yang di distribusikan ke masyarakat terdampak banjir, PAMA ADRO juga mengirimkan bantuan air bersih untuk keperluan masyarakat dan satu unit dump truck untuk penanganan sampah pasca bencana banjir.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Tidak hanya itu, Emergency Response Team (ERT) PAMA ADRO dibawah komando ERT PT Adaro Indonesia juga diterjunkan ke lokasi terdampak banjir untuk membantu proses mobilisasi logistik dan pemantauan kesehatan masyarakat serta perbaikan infrstruktur.

Selain itu PAMA Group Nasional juga secara khusus menerjunkan tim ERT untuk penanganan banjir di Kota Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Barito Kuala.

Dalam kesempatan penyerahan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Hulu Tengah (Barabai) yang secara simbolis diterimakan langsung Bupati Hulu Sungai Tengah H. A. Chairansyah.

Chairansyah menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian dan juga semangat kemanusiaan dari semua pihak.

"Saya berharap semua pihak dapat saling berkoordinasi dan menguatkan dalam penanganan dan pemulihan bencana banjir ini," ungkap Chairansyah.

 Hal senada juga disampaikan Bupati Hulu Sungai Utara H Abdul Wahid HK atas kepedulian PAMA ADRO dengan menyalurkan bantuan kepada korban banjir.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021