Batulicin,  (AntaranewsKalsel) - Jalan sehat untuk memperingati Hari AIDS di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, diikuti 2.000 peserta dari mahasiswa, pelajar, PNS dan berbagai elemen masyarakat.

Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Indonesia (KPAI) Tanah Bumbu, Gusti Hidayat, Senin mengatakan, jalan sehat peringatan Hari AIDS dunia ini terselenggara berkat kerja sama KPAI dengan Dinas Kesehatan setempat.

"Jalan sehat dimulai dari lapangan sepak bola Batulicin dengan finish Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pasar Minggu, Batulicin sekitar dua kilometer," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPAI Tanbu, Gusti Hidayat, juga mengkapanyekan bahaya AIDS kepada pelajar, mahasiswa, PNS dan peserta yang ikut hadir dalam jalan sehat tersebut.

Menurut dia, jumlah penderita AIDS di Kabupaten Tanah Bumbu masuk peringkat kedua dari 13 kabupaten dan kota di kalimantan Selatan.

"Mari kita lakukan pencegahan AIDS sedini mungkin, mari kita hindari hubungan sex yang berganti-ganti pasanga, dan hubungan sex yang tidak resmi," tandasnya.

Kepala Puskesmas Simpang Empat, Tanah Bumbu, dr. Arman, menambahkan, ciri ciri orang yang terkena virus mematikan AIDS, di antaranya, muntah dan sariawan yang berkepanjangan, turunya berat badan disertai mencret berkepanjangan.

"Daya tahan tubuh terus melemah. Dan masih banyak ciri-ciri lain bagi pasien yang terjangkit virus AIDS," paparnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014