Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menetapkan pasangan Zairullah-Rusli sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pilkada 2020.

Ketua KPU Tanah Bumbu Mahruri, di Batulicin Sabtu mengatakan, pasangan Zairullah-Rusli memperoleh suara tertinggi dari tiga calon lainnya sesuai hasil rekapitulasi.

"Pasangan Zairullah-Rusli yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, PAN, PKS dan Partai Nasdem meraih suara sebanyak 104.234 suara dari 186.113 pemilih yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS)," katanya.

Sementara itu, untuk urutan kedua tertinggi mendapatkan suara adalah pasangan calon nomor urut 01, yakni, Syafrudin H. Maming-M. Alpia Rahman yang diusung oleh Partai Gerindra, PDIP, PPP dengan total suara sebanyak 72.710 suara.

Dan diurutan ketiga adalah pasangan calon nomor urut 02, yakni Mila Karmila-Zainal Abidin mengunakan jalur independen memperolehan 4.205 suara.

Dia mengatkan, total pemilih pada Pilkada Tanah Bumbu mencapai 186.113. Tidak sah dicoblos sebanyak 4.964 suara dan suara sah sebanyak 181.149 suara.

"Setelah penetapan pasangan calon bupati terpilih, tahap selanjutnya adalah KPU meyerahkan berkas kepada DPRD untuk diadakan rapat paripurna penetapan calon bupati terpilih," ujarnya.

Apabuila hal tersebut sudah dilakukan maka DPRD bersama pemerintah daerah akan melakukan pemberkasan yang di ajukan kepada Kementerian Dalam Negeri untuk penerbitan SK dan penentuan jadwal pelantikan.

"Mekanisme pelantikan, siapa yang melantik, kapan dan di mana pelaksanaan pelantikan calon bupati terpilih itu semua Kemendagri yang menentukan," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021