Kapal TNI Angkatan Darat (ADRI 51) tiba di Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk menyalurkan membantu bagi korban banjir yang menerjang 11 kabupaten dan kota sejak sepekan terakhir.

"Hari ini juga bantuan kemanusiaan dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa ini kami serahkan ke pak gubernur untuk selanjutnya didistribusikan ke wilayah terdampak banjir," terang Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto di Banjarmasin, Jumat.

Serah terima bantuan pun dilaksanakan secara simbolis di dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dari Pangdam kepada Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang turut disaksikan Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah dan unsur terkait lainnya.

KRI ADRI-50 membawa bantuan makanan yang terdiri atas beras sebanyak 30 ton, mie instan 6.455 koli, minyak goreng 317 koli, gula pasir 506 kilogram, 613 paket sembako, dan 46 koli sarden. 

Selain itu, kapal juga membawa 760 selimut, tenda sebanyak 38 koli, sarung 125 koli, 4 unit toren berkapasitas 1.000 liter, jembatan acrow panel type 1-1 sebanyak 10 petak, jembatan compact type 1-1 sebanyak 10 petak, 2 unit truk cran carga, dan 1 unit self loader. 
Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto bersama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah saat penyerahan bantuan dari Kasad. (ANTARA/Firman)


Tidak hanya itu, Kasad juga mengirimkan bantuan tenaga medis TNI AD yang terdiri atas 2 dokter spesialis, 4 dokter umum, 5 bintara perawat. Mereka juga turut membawa alat kesehatan berupa jarum suntik 360 buah, jarum infus 180 buah, dan set infus 90 buah. 

Tenaga medis tersebut juga dibekali obat-obatan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Mulai obat diare, anti muntah, vitamin, tetes mata, salep kulit untuk gatal-gatal, obat nyeri kepala, obat nyeri pinggang, obat maag, dan antibiotik. 

Dengan bantuan yang dikirimkan oleh Kasad, gubernur mengharapkan seluruh sarana dan prasarana baik yang umum dan pribadi yang rusak akibat banjir di Kalimantan Selatan segera pulih.

"Kami atas nama rakyat Kalimantan Selatan mengucapkan terima kasih kepada Kasad atas bantuan ini yang langsung kami distribusikan kepada masyarakat yang terdampak banjir dan semoga bencana ini dapat segera teratasi,” tutur gubernur.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021