Menekan penyebaran sekaligus upaya memutus mata rantai penularan virus corona desiese (COVID-19), Pemkab Kotabaru menyalurkan bantuan ke sejumlah pesantren berupa perangkat sanitasi dan alat pelindung diri (APD).

Salah satunya bantuan diberikan kepada Pondok Pesantren Al Muslimin Mandin Kecamatan Pulau Laut Utara, berupa APD 400 pcs, hand sanitizer 100 ml sebanyak 60 pcs, vitamin C, 1.400 pcs masker kain, serta tangki dan tablet disinfektan masing-masing 5 pcs.

Kepala Badan Kesbangpol Kotabaru H Adi Sutomo mengatakan, program ini merupakan bagian dari program Dirjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri RI yang penyalurannya melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotabaru.

“Bantuan APD nantinya juga akan kita berikan kepada Ponpes lain diantaranya yang ada di Kecamatan Kelumpang Hulu, agar para santri maupun tenaga pendidiknya terhindar dari virus corona dan menghindarkan munculnya kluster baru dari lingkungan pondok pesantren,” katanya.

Dikatakannya, tujuan pembagian APD ini sebagai salah satu upaya menekan penyebaran COID-19 di Kotabaru.

Ia berharap agar kondisi bisa cepat terbebas dari pandemi ini, sehingga kembali melakukan kegiatan seperti biasa. Untuk itu yang perlu perhatikan, kedisplinan pengajar dan murid untuk memperhatikan Prokes dengan 3M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Sementara itu, Pengurus Ponpes Al Muslimin Mandin KH Abu Bakar Sidiq sangat berterimakasih atas bantuan APD dari Kesbangpol Kotabaru itu.

Ia mendoakan agar bantuan yang diberikan ini bermanfaat bagi santri dan lembaga pendidikan yang dipimpinnya, bersamaan itu berharap agar bantuan tersebut terus berkelanjutan.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021