Banjarbaru,(Antaranews Kalsel) - PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menargetkan penyaluran dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di beberapa daerah lebih dari 95 persen.


"Kami optimistis target penyaluran dana PSKS hingga batas waktu yang ditetapkan berakhir di atas 95 persen," ujar Kepala Kantor Pos Pemeriksa Banjarbaru I, Agoes Noegroho, Rabu.

Ia mengatakan, rasa optimisme itu mengacu pada realisasi penyaluran dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahun 2013 yang mencapai 96,04 persen.

Dijelaskan, dana PSKS tahun 2014 yang dikelola PT Pos Banjarbaru yang membawahi Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut sebesar Rp15,1 miliar.

"Wilayah kerja kami meliputi satu kota dan dua kabupaten sehingga tiga daerah itu penyaluran dananya harus direalisasikan secara maksimal kepada penerimanya," ungkap dia.

Dirincikan, jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kota Banjarbaru yang ditetapkan sebagai penerima bantuan sebanyak 6.136 RTS dengan jumlah dana sebesar Rp2,4 miliar.

Untuk Kabupaten Banjar jumlah RTS sebanyak 16.995 dan besaran uang mencapai Rp6,7 miliar dan Kabupaten Tanah Laut 14.688 RTS dengan besaran dana Rp5,8 miliar.

"Setiap RTS menerima bantuan dana sebesar Rp400 ribu untuk dua bulan yakni November dan Desember 2014 dengan pengambilan dana di kantor pos," ucapnya.

Menurut dia, dana yang berasal dari APBN itu bisa dikembalikan (retour) apabila penerimanya meninggal dunia atau pindah hingga ada calon penerima yang menolak bantuan tersebut.

Ditambahkan, batas waktu yang ditetapkan untuk pengambilan dana tanggal 12 Desember 2014, tetapi bisa diperpanjang apabila pemerintah menghendaki.

  "Sebenarnya, dana bisa diambil kapan saja karena simpanan yang pemiliknya sudah terdaftar dan tidak bisa digantikan kecuali keluarga atau ahli waris," katanya.    

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014