Sinergitas kerjasama antara Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dan Legislatif Kotabaru dalam rangka Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD Kotabaru akan terus berlanjut di 2021.

Demikian diungkapkan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Prof DR Sutarto Hadi dalam pemaparannya tentang program kerja 2021 khususnya terkait jalinan kerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah.

"Mengingat penting dan besarnya manfaat dalam upaya peningkatan kapasitas bagi anggota dewan di seluruh daerah termasuk Kabupaten Kotabaru, maka kerja sama ULM melalui LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, akan terus berlanjut di 2021," kata Sutarto.

Dikatakannya, kerjasama ULM melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ini terjalin dengan seluruh daerah bukan hanya di Provinsi Kalsel tapi juga sejumlah daerah di Provinsi Kalteng.

Komitmen ULM sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas, akan terus melanjutkan kerja sama strategis ini dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM tidak hanya di lingkup legislatif tapi juga eksekutif.

"Khusus kerja sama dengan legislatif Kotabaru, tujuan utama kerja sama ini untuk meningatkan kapasitas anggota DPRD yang berasal dari background berbeda-beda, agar dalam menjalankan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi mereka," jelas Rektor.

Karena lanjut dia, sebagai wakil rakyat dalam memperjuangkan konstituen, membuat regulasi, penganggaran dan pengawasan, anggota dewan harus bisa bersinergis dengan eksekutif, sehingga jadi bisa menyeimbangi dalam birokrasi.

"Untuk itu kompetensi mereka perlu lebih meningkat, agar roda pembangunan daerah bisa sinergis dan harmonis antara legislatif dan eksekutif," beber Sutarto.

Lebih lanjut Rektor ULM dua periode ini menuturkan, selain lembaga legislatif, kerjasama ULM juga dilakukan dengan sejumlah pemerintah daerah dengan tujuan yang sama yakni dalam rangka peningkatan kapasitas SDM khususnya bagi aparatur.

"Seperti di sejumlah kabupaten diantaranya Hulu Sungai Tengah dan Hulu Sungai Selatan (HSS), kita juga melakukan bimtingan teknis khusus bagi aparat desa,"jelasnya.

Hal ini dilakukan mengingat issu pembangunan saat ini lebih ditekankan di desa-desa, sehingga perlu pembekalan dan pengetahuan bagi aparat desa dalam menjalankan roda pemerintahannya agar tidak terjadi pelanggaran yang disebabkan ketidak tahuan.

Sementara secara terpisah Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis menilai kerjasama dengan ULM ini sangat bagus dan strategis dalam rangka transfer pengetahuan khususnya bagi para wakil rakyat.

"Sesuai dengan maksud dan tujuan kerjasama ini dengan dilaksanakannya Bimtek secara rutin, yakni sebagai upaya pendalaman tugas bagi pimpinan dan anggota DPRD sehingga akan menjadi acuan dalam membuat regulasi nantinya," tendas Syairi.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021