DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung rencana peningkatan tipe atau kelas Pangkalan Udara (Lanud) Sjamsudin Noor Banjarmasin yang berkedudukan di wilayah Kota Banjarbaru.

Ketua DPRD Kalsel Dr (HC) H Supian HK SH MH menyatakan dukungan tersebut, usai silaturahmi dengan Komandan Lanud Sjamsudin Noor bersama jajaran di Banjarmasin, Senin (4/1) siang.

"Sebagai salah satu bentuk dukungan tersebut, DPRD Kalsel mendukung pengajuan anggaran melalui APBD oleh pemerintah provinsi (Pemprov) setempat untuk peningkatan tipe Lanud Sjamsudin Noor," ujar politikus senior Partai Golkar itu.

"Dukungan atau bantuan tersebut sudah barang tentu terhadap hal-hal yang memang kewenangan Pemprov Kalsel, misalnya dalam penyediaan lahan untuk pengembangan/peningkatan Lanud Sjamsudin Noor," demikian Supian HK didampingi sejumlah anggota DPRD dan Sekretaris Dewan (Sekwan) setempat.
Suasana silaturahmi Ketua DPRD Kalsel H Supian HK dengan Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb M Taufiq Arsj di ruangan tamu Ketua Dewan tersebut di Banjarmasin, Senin (4/1). (Syamsuddin Hasan)

Sementara itu, Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Penerbang M Taufiq Arsj S.Sos menyatakan terima kasih kepada DPRD dan Pemprov Kalsel atas dukungan untuk peningkatan tipe Lanudnya tersebut.

Ia menerangkan, peningkatan Lanud Sjamsudin Noor untuk menjadi tipe "A" dalam kaitan atau buat mendukung pertahanan udara sehubungan rencana penempatan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur (Kaltim).

Oleh sebab itu, perlu persiapan dan kesiapan agar pada saatnya betul-betul memenuhi persyaratan untuk menjadi Lanud tipe A, lanjutnya didampingi para staf komando ketika berada di "Rumah Banjar" (Gedung DPRD Kalsel) di Banjarmasin.

Ia menambah, dengan menjadi tipe A nanti Lanud Sjamsudin Noor akan memiliki kekuatan yang lebih lagi daripada sekarang seperti adanya penambahan pesawat tempur yang berpangkalan di Kalsel.

Begitu pula jumlah personil yang kini baru sekitar 250 orang akan menjadi lebih 600 dengan komandanya jenderal bintang satu, demikian Taufiq Arsj.

Selain Sekwan setempat, Drs H Antung Mas Rozaniasyah, yang hadir dalam pertemuan dengan Dan Lanud Sjamsudin Noor tersebut dari DPRD Kalsel antara lain Ketua Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur yang juga membidangi perhubungan, H Sahrujani.

Kemudian anggota Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalsel yang juga membidangi pertahanan, serta keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Dr H Karlie Hanafi Kalianda SH MH dan pula sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar pada lembaga legislatif tingkat provinsi tersebut.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021