DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi I yang juga bermitra kerja dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD provinsi setempat memantau kesiapan dan persiapan pemerintah kabupaten (Pemkab) Tabalong menghadapi bencana banjir.

"Kami perlu memantau persiapan dan kesiapan Pemkab Tabalong menghadapi kemungkinan bencana banjir," ujar Sekretaris Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalsel H Suripno Sumas SH MH di Banjarmasin, Ahad.

"Apalagi kini musim penghujan dan sementara 'Bumi Saraba Kawa' Tabalong termasuk daerah rawan bencana banjir," lanjut pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu melalui WA-nya menjawab Antara Kalsel.

Kemudian daripada itu, tambah anggota DPRD Kalsel dua periode tersebut,  yang tidak kalah penting kesigapan dalam bertindak menanggulangi bencana banjir bilamana terjadi.

"Penanggulangan itu perlu segera agar tidak menimbulkan permasalahan baru yang lebih fatal lagi," tegas alumnus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin kelahiran Tahun 1949 berbintang Aquarius tersebut.

"Kita berharap, daerah atau kabupaten/kota lainnya di provinsi ini juga agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan bencana/bencana banjir, sesegera mungkin melakukan penanggulangan," lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin itu.

Kunjungan kerja Komisi I DPRD Kalsel yang diketuai Dra Hj Rachmah Norlias dari Partai Amanat Nasional (PAN) ke kabupaten paling utara provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota dan kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebut, 4 - 6 Januari 2021, demikian Suripno Sumas.






 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021