Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry menghadiri dan membuka secara langsung musyawarah kabupaten Palang Merah Indonesia (PMI), bertempat di Aula Kecamatan Kandangan.

Ketua Panitia Musyawarah Kabupaten PMI HSS, Salahuddin, di Kandangan mengatakan musyawarah kabupaten kali ini tetap dilaksanakan dengan peserta terbatas dan mengedepankan protokol kesehatan.

“Musyawarah kabupaten kali ini sebagai wujud dari amanah PMI, di mana kepengurusan selama kurun waktu lima tahun dan kepungurusan yang lama masa bakti 2015-2020 telah berakhir pada bulan Juli tahun 2020 yang lalu," katanya, dalam laporan, Sabtu (28/11) lalu. 

Dijelaskan dia, tapi dikarenakan pandemi COVID-19 dan untuk memenuhi aturan organisasi PMI, Musyawarah Kabupaten PMI tetap dilaksanakan dengan mengedapankan protokol kesehatan.

Baca juga: HUT ke-75 PMI usung tema solidaritas untuk kemanusian

Peserta Musyawarah Kabupaten sangat terbatas hanya menghadirkan perwakilan gugus kecamatan masing-masing satu orang, pengurus kabupaten 11 orang dan perwakilan relawan dalam PMI.

Bupati HSS H.Achmad Fikry, mengatakan PMI HSS selama ini telah banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat, khususnya berkaitan dengan masalah kemanusiaan dan bencana.

“Saya menyambut baik terlaksananya musyawarah PMI HSS, yang tujuannya untuk memilih kepengurusan baru PMI di Kabupaten HSS , mengevaluasi seluruh program yang telah dilaksanakan dan selanjutnya akan menyusun dan merumuskan program-program PMI yang akan dilaksanakan kedepannya.," katanya.

Dan untuk semakin lebih baik lagi dalam bidang pelayanan dan kemanusiaan, meskipun daerah HSS termasuk daerah yang potensi bencana nya tidak tinggi, namun hendaknya tidak mengurangi kewaspadaaan bersama.

Baca juga: Sekda HSS : Gathering PMI sarana silaturrahmi dan koordinasi

Dalam menjalankan misi kemanusiaan tersebut, PMI kerap diperhadapkan pada berbagai tantangan. Namun, tidak mengendurkan semangat juang PMI di dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada siapa saja yang membutuhkan.

"Kami harapkan pasca musyawarah ini, semakin menguatkan PMI didalam memberikan pengabdiannya di tengah-tengah masyarakat sehingga visi pembangunan daerah dapat terwujud sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing," katanya.

Ketua PMI HSS masa bakti 2015-2020 H Ardiansyah, mengucapkan ucapan terima kasih kepada Bupati HSS dan Pengurus PMI HSS yang selama ini telah berusaha bekerja semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat dalam hal kemanusiaan.

“Terimakasih kepada seluruh pengurus, karyawan, relawan dan seluruh keluarga besar PMI HSS yang telah berperan serta dalam proses pelaksanaan program kerja PMI, Kami juga berterimakasih kepada pemda yang selama ini telah memberikan bantuan, arahan dan masukan untuk program kerja PMI," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020