Bappeda Kabupaten Balangan gelar Focus Group Discussion potensi pengembangan bisnis UMKM dan ekonomi kreatif bertempat di Aula Bappeda, Selasa (29/12).

Kegiatan yang merangkul Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), kelompok masyarakat, pendamping desa dan pelaku usaha diharapkan dapat menghidupkan UMKM khususnya di Kabupaten Balangan.

Ketua Forum Ekonomi Lokal yang dibentuk oleh Bappeda Balangan, Saiful Arif mengatakan dalam membangun usaha tentunya memerlukan persiapan dan keahlian. 

"Kami yakin di tahun 2021 ini tantangan semakin berat, tapi jangan lupa kita punya peluang." ucapnya.

Dari hasil diskusi Saiful menyampaikan, beberapa program yang direncanakan forum ekonomi lokal diantaranya sektor peternakan dan pertanian. 

Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) KNPI Kabupaten Balangan, Sugianoor berharap lewat FGD (Focus Group Discussion) tersebut saran dan masukan dari peserta dapat diakomodir oleh pemerintah daerah melalui program atau rencana kerja. 

"Mudah-mudahan aspirasi-aspirasi kita yang hadir pada FGD bisa menjadi acuan atau jadi masukan pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan program kerja kedepan." harap Sugiannor. 

Lanjutnya ia menyampaikan, kritik mengenai kurang singkronnya rencana kerja SKPD Pemkab Balangan dalam pengembangan dunia usaha khusunya UMKM.

Menurutnya fokus dan rencana kerja yang baik dapat membawa UMKM di Kabupaten Balangan menjadi maksimal.

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020