Setelah meresmikan Perumahan Pondok Jambu Asri, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, meresmikan Bundaran "Longa Manis", di Simpang tiga  Desa Longawang, Kecamatan Telaga Langsat.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS, Ronaldy Prana Putra, di Longawang, Senin (28/12), mengatakan jika di Bundaran Longa Manis terletak di Desa Longawang, yang merupakan sentra pembuatan tapai ubi dengan asal nama Longa Manis.

"Longa Manis merupakan pohon yang sudah langka dan merupakan nama desa di tempat tersebut sebelum pemekaran menjadi tiga desa," katanya, saat menyampaikan laporan.

Baca juga: Bupati HSS resmikan PSU Perumahan Pondok Jambu Asri

Dijelaskan dia, bundaran sendiri terbagi menjadi tiga bagian, yakni bagian atas hiasan berbentuk ubi atau gumbili yang terbuat dari tembaga, ada hiasan lampu LED, dan dikelilingi oleh nyiru.

Kemudian bagian yang kedua, badan tugu berbentuk melengkung terbuat dari besi dan juga terdapat lampu LED, serta bagian ketiga berupa dudukan tugu yang terbuat dari cor beton bertulang dengan sebagian tanaman.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan jika pihaknya baru saja meresmikan Tugu Longa Manis Di Desa Longawang Kecamatan Telaga Langsat, adapun bentuk dan penamaan tugu tersebut diserahkan kepada masyarakat.

Baca juga: TPA Malutu difungsikan, Bupati HSS minta kurangi penggunaan plastik

“Jadi pada saat ingin dibangun sudah dipaparkan di masyarakat kira-kira namanya apa. Di atasnya ada ubi itu memang kehendak masyarakat dan kita ingin ini betul-betul aspirasi masyarakat, pemerintah hanya membangunkan saja," katanya.

Ditambahkan dia, agar bundaran tersebut menjadi kebanggaan, maka nantinya apabila ingin memecah arus disimpang tiga  ini, diharapkan Dinas Perhubungan HSS bisa bekerjasama dengan Dinas PUTR  untuk format agar tidak bertemu kendaraan di satu titik.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020