Anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Athaillah Hasbi S.Sos, SH mengapresiasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Tahun 2020 berjalan aman dan lancar.

"Aman dan lancarnya pelaksanaan Pilkada tersebut berkat kerja sama serta peran pihak-pihak terkait," ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel IV/Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten HST itu melalui WA-nya, malam Sabtu.

Wakil rakyat dari Partai Golkar itu menyebutkan, pihak-pihak terkait pelaksanaan Pilkada 2020 antara lain, aparat kepolisian, TNI seperti Polres setempat, Kodim 1002 Barabai, Yonif 621.

Selain itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), baik pada tingkat kabupaten maupun kecamatan, dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat beserta perangkat pelaksana pemilihan lainnya.

"Kemudian yang tidak kalah penting kesadaran masyarakat HST sendiri untuk bersama-sama menjaga daerah agar tetap dalam keadaan kondusif," lanjut Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila kabupaten tersebut.

"Oleh karenanya kepada mereka tersebut patut kita ucapkan terima kasih," tambah mantan pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di "Bumi Murakata" HST itu.

Selain itu, mengucapkan selamat kepada pasangan calon (Paslon) Bupati - Wakil Bupati (Wabup) HST dengan perolehan suara terbanyak dalam Pilkada 2020 yang pencoblosannya 9 Desember lalu.
Gambaran perhitungan sementara perolehan suara Paslon Bupati dan Wabup HST pada Pilkada Tahun 2020 per 11 Desember 2020 dari KPUD kabupaten tersebut. (Istimewa)

"Berdasarkan perhitungan sementara KPUD HST hingga 11 Desember 2020 peraih suara terbanyak dalam Pilkada di kabupaten tersebut Paslon H Aulia Oktifiandi - H Mansyah Sabri dengan singkatan "AMAN" nomor urut tiga (3)," kutipnya.

Laki-laki kelahiran Barabai, ibukota HST (165 kilometer utara Banjarmasin) Tahun 1976 berbintang Capricornus itu berpendapat, alangkah dan bijak Paslon lain menerima dengan lapang dada dan mengucapkan selamat, mendukung Paslon terpilih.

"Dukungan atau hal itu semua buat kemajuan Bumi Murakata HST yang terdiri atas 11 wilayah kecamatan, yang sama-sama kita cintai," demikian Athaillah Hasbi.

Komisioner pada KPUD HST Abdul Hadi ketika dikonfirmasi membenarkan perhitungan sementara tersebut. "Tapi itu sifatnya sementara, untuk definitif atau resminya kami masih menuggu hasil rapat pleno," katanya.

Pada Pilkada HST 2020 ada lima Paslon Bupati - Wabup setempat, tiga di antaranya melalui jalur perseorangan/independen yaitu Aulia - Mansyah, H Ahmad Tamzil - HM Ilham Efendhy, serta H Faqih Jarjani - Abu Yazid Bustom.

Sementara yang melalui pengusungan dan dukungan partai politik (Parpol) yaitu Paslon H Saban Effendi - H Abdillah Alydrus dan Berry Nahdian Furqon (petahana Wabup) berpasangan dengan Pahrijani.




 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020