Satgas COVID-19 Kota Banjarmasin mengingatkan pasangan calon yang menang baik dari hitungan cepat atau hitungan resmi nanti agar tidak merayakan atau buat acara syukuran yang berlebihan, sebab virus Corona masih mengintai.

"Jangan berlebihan merayakannya, syukuran adalah hal yang wajar karena itu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan," pesan juru bicara Satgas COVID-19 Kota Banjarmasin, Machli Riyadi di Banjarmasin, Kamis.

Menurut dia, seiring dengan telah selesainya pesta demokrasi Pilkada 2020, khususnya Kota Banjarmasin,  maka Satgas COVID-19 
kembali mengajak seluruh warga untuk sama-sama mempertahankan zona hijau.

"Dengan mengingat pesan ibu 3M plus atau 4M, yakni, memakai masker yang sesuai dengan standar tidak menggunakan masker scuba, mencuci tangan dengan air yang mengalir menggunakan sabun selama minimal 20 detik," ujar Machli Riyadi.

Kemudian, lanjutnya, meningkatkan imunitas dengan rajin berolahraga dan makan sayur sayuran serta buah yang kandungan vitamin C-nya tinggi serta menjaga jarak dilakukan secara disiplin.

Karenanya, kata Machli, jangan sampai ada lagi kerumunan usai Pilkada ini, semua harus menahan diri untuk merayakan kemenangan atau sebaliknya.

Dirinyapun mengatakan, pihaknya akan memperkuat upaya testing dan treking pasca Pemilu ini, sehingga tidak ada klaster baru yang sampai tidak dideteksi.

"Moga-moga jangan sampai ada penularan tinggi usai Pemilu ini, sebab kasus COVID-19 di daerah kita sudah melandai, ini harus dipertahankan terus," harap pria yang juga kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin ini.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020