Ketua Ketua Tim (TP) Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj. Isnaniah Achmad Fikry didampingi Wakil I TP.PKK HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad resmi membuka Pelatihan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, di Pendopo Bupati HSS.

Wakil III TP.PKK HSS Jauhartati, di Kandangan, mengatakan kegiatan ini merupakan suatu upaya untuk dapat meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan keluarga, dengan meningkatkan pendapatan melalui kelompok usaha ekonomi produktif, kemampuan keluarga dalam memenuhi kebutuhan.

"Melalui pelatihan ini para kader dan peserta pelatihan diberikan ketrampilan, terkait usaha-usaha yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan taraf hidup keluarga," katanya, dalam laporan beberapa waktu lalu.

Baca juga: GP3M HSS bangun sumber daya perempuan mandiri, kreatif, dan produktif

Dijelaskan dia, tujuan pelatihan ini juga untuk memberikan pengetahuan mengenai peningkatan pendapatan keluarga, melalui bermacam-macam kegiatan ekonomi keluarga di pedesaan.

Peserta pelatihan terdiri dari 11 Kecamatan di Kabupaten HSS berjumlah 55 orang, untuk pematerinya adalah pengelolaan UMKM dan Pedoman Penyelenggaraan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) oleh Kepala Disnakerkop UKP HSS Hendro Martono, dan dari Dinas Kesehatan HSS.

Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, mengatakan kegiatan UP2K PKK merupakan bagian dari kegiatan Pokja II PKK, dan merupakan salah satu program prioritas TP PKK HSS.

Baca juga: Peringatan HKN di HSS usung tema "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat"

"Kami berharap kegiatan yang dilaksanakan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta para peserta dari TP PKK Kecamatan dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari kegiatan ini sebagaimana harapan kita bersama," katanya.

Ditambahkan dia, para peserta kegiatan pelatihan pengelola UP2K PKK agar dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya dapat dilaksanakan dan dibagikan kepada anggota atau kader lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020