Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) membangkitkan UMKM melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk Web Seminar (Webinar) di Command Center Barokah Martapura, Sabtu dihadiri Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Aidil Basith.

Kegiatan menghadirkan 3 narasumber yakni Kabid IKP Kominfo Statistik dan Persandian Banjar Eddy Elminsyah Jaya, Kasi Pengelolaan Media IKP M Hamdani dan pelaku UMKM Putra Qomaluddin Attar Nurriqli.

"Kemajuan UMKM akan terus berlanjut karena saat orang lain diam akibat pandemi, orang-orang muda bisa melakukan terobosan melalui IT dan kalangan muda di Kabupaten Banjar melek IT," ujar Aidil Basith.

Ia mengatakan, melalui webinar dapat menggerakkan masyarakat meski pun tidak bertemu langsung tetapi tetap bisa memberikan motivasi maupun pembelajaran dari narasumber yang ahli di bidangnya. 

Sementara, Eddy Elminsyah Jaya yang juga Direktur LPPL Radio Suara Banjar menyampaikan, RSB berdiri sejak 26 tahun lalu atau belum ada media sosial sehingga sudah berperan mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Masa pandemi COVID-19 kami punya siaran Jurnal COVID yang setiap hari memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dengan data-data update baik nasional, regional Kalsel maupun data Kabupaten Banjar," ujarnya. 

Ditekankan, sesuai tema yakni Radio Suara Banjar sebagai media partner UMKM lokal yakni menginformasikan dan sosialisasikan bantuan UMKM melalui program talkshow berbagai narasumber maupun pelaku ekonomi.

Putra Qomaluddin Attar Nurriqli sebagai pelaku usaha dalam materi menyampaikan strategi jitu UMKM dalam menghadapi Corona yakni memperbaiki kualitas produk dan layanan, memanfaatkan teknologi optimal serta mempersiapkan bisnis untuk berkembang.

Webinar KPC PEN berdurasi kurang lebih 120 menit dengan dimoderatori Ronny Lattar dari Radio Suara Banjar berjalam menarik karena panitia pelaksana memberikan e-sertifikat dan doorprize kepada peserta aktif.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020