Tepat 1 Desember 2020 kita juga memperingati Hari AIDS Sedunia. Ini dilakukan demi meningkatkan kesadaran dan mengingatkan masyarakat tentang bahayanya virus HIV/AIDS.

Peringatan Hari AIDS sedunia pertama kali digagas 1987 oleh beberapa orang yang awalnya menjadi program, kemudian disepakati setahun setelahnya menjadi Hari AIDS sedunia.

Sementara itu, dikutip dari Health.grid.id, tema Hari AIDS Sedunia 2020 yang diangkat WHO adalah "Global Solidarity, Resilient Services." WHO dan para mitra memberikan penghormatan kepada semua orang yang bekerja untuk menyediakan layanan HIV.

WHO juga menyerukan kepada para pemimpin global dan warga untuk menggalang “solidaritas global” mempertahankan layanan penting untuk HIV selama COVID-19.

 Layanan pencegahan, pengujian, pengobatan dan perawatan HIV semuanya terganggu terutama di negara-negara dengan sistem kesehatan yang rentan.

Hancurnya layanan penting HIV karena COVID-19 mengancam nyawa. Pada tahun 2020, WHO juga ingin memberikan perlindungan dan dukungan bagi para petugas kesehatan yang telah lama berada di garis depan dalam pemberian layanan HIV.

 Semua orang dapat berkontribusi pada upaya penanggulangan AIDS dan menjadikan dunia tempat yang lebih sehat.

Bersama kita berantas, bersama kita peduli.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020