Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad menghadiri pengukuhan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) wilayah Kabupaten HSS, bertempat di halaman Mapolres HSS.

Kapolres HSS AKBP Siswoyo, di Kandangan, Kamis (26/11), mengatakan Pokdarkamtibmas merupakan sebuah organisasi masyarakat yang bertugas secara sukarela dalam membantu penegak hukum untuk tugas mengamankan dan menertibkan masyarakat.

"Pokdarkamtibmas Bhayangkara untuk wilayah kabupaten HSS hari ini dikukuhkan, ini tentunya merupakan partisipasi dari masyarakat untuk menjaga ketertiban atau keamanan(Kamtibmas), khususnya di wilayah Kabupaten HSS," katanya, dalam keterangan.

Baca juga: Ungkap kasus-kasus kecelakaan, beberapa titik jalan di HSS akan dipasang CCTV

Dijelaskan dia, Polri ataupun TNI tidak bisa berjalan atau bekerja sendiri, tapi harus juga mendapatkan dukungan dan partisipasi masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten HSS.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan pada prinsipnya kita dari jajaran pemerintah daerah menyambut baik pengukuhan Pokdarkamtibmas, karena ini bagian dari peran kepolisian untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Menurut dia, berharap dengan adanya kelompok yang dikukuhkan pada hari ini, kesadaran masyarakat semakin baik dan komunikasi dari masyarakat ke masyarakat menjadi menyambung.

Baca juga: Kekompakan dan sinergitas antar komponen di HSS dalam kesiapsiagaan bencana

"Mudah-mudahan kelompok ini di lapangan bisa secara intensif ke masyarakat menyampaikan terutama menjelang pemilu pilkada dalam rangka mendekati hari pergantian tahun, kemudian tentu juga dalam suasana pandemik, dapat berperan banyak dan menjadi kebaikan bagi kita,” katanya.

Pengukuhan Pokdarkamtibmas ini langsung dikukuhkan Kapolres HSS AKBP Siswoyo, diikuti sebanyak 20 orang anggota Pokdarkamtibmas di mana bertindak selaku Ketua Deka Surya Darma Saputra.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020