Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala), Kalimantan Selatan meluncurkan Beras Mayang Jambun yang menjadi salah satu produk unggulan masyarakat  Desa Handil Birayang Bawah, Kecamatan Bumi, Rabu (25/11).

Kepala Desa Handil Birayang Bawah Mawardi mengatakan, keunggulan beras Mayang Jambun terletak pada kualitas rasa, tahan lama serta tidak menggunakan bahan pengawet. 
Bahkan, menurut dia, sudah banyak orang dari luar daerah yang mengambil beras Mayang Jumbun dan mengakui keunggulan beras tersebut.

Kedepan, jelas dia,  pihaknya akan menyiapkan pengemasan yang baik serta mencoba memasarkan ke daerah Pelaihari dan sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Pemberdayaan Masyarakat Desa Ary Hiung menyampaikan, selain Desa Handil Birayang Bawah, ada empat desa ditahun 2020 yang dicanangkan sebagai desa berciri khas,  diantaranya yakni Desa Bukit Mulia,  Kecamatan Kintap sebagai Desa Guyub, Desa Telaga Langsat, Kecamatan Takisung sebagai Desa Sentra Madu Kalulut, Desa Tajau Pecah, Kecamatan Batu Ampar sebagai Desa Pancasila karena keragaman budayanya dan Desa Asam-Asam, Kecamatan Jorong sebagai Desa Penghasil Nipah. 

"Lima desa berciri khas tersebut akan diberi piagam penghargaan, pada saat acara puncak hari jadi Tanah Laut nanti," ujarnya.

Bupati Tanah Laut diwakili Asisten Bidang Pemerintahan H Bambang Kusudarisman mengatakan, semakin banyaknya desa dan kecamatan di Kabupaten Tanah Laut bisa dibina dan dikembangkan menjadi desa yang memiliki ciri khas,  maka desa-desa tersebut akan lebih memunculkan daya tarik tersendiri.

"Jika ada yang berkunjung bisa diarahkan untuk melihat langsung desa-desa yang memiliki ciri khasnya masing-masing," katanya.

Dengan adanya desa berciri khas, papar dia, desa bisa semakin mengembangkan potensi yang ada, sehingga masyarakatnya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga desa tersebut.

Selain itu, sambung dia,  untuk memperkenalkan potensi desa dan keunggulan desa yang ada,  sehingga bisa menghidupkan perekonomian di desa tersebut.
Pemerintah Kabupaten Tanah Laut meluncurkan Beras Mayang Jambun yang menjadi salah satu produk unggulan masyarakat Desa Handil Birayang Bawah, Kecamatan Bumi, Rabu (25/11).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut. Pemerintah Kabupaten Tanah Laut meluncurkan Beras Mayang Jambun yang menjadi salah satu produk unggulan masyarakat  Desa Handil Birayang Bawah, Kecamatan Bumi, Rabu (25/11).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut. 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020