Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry memimpin rombongan dari jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS untuk berziarah ke makam pendiri Kabupaten HSS, makam mantan bupati, mantan sekretaris daerah dan mantan pembina serta mantan ketua Korpri Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, kegiatan ini adalah merupakan agenda rutin yang sudah menjadi tradisi yang dilaksanakan pihaknya beserta jajaran menjelang Hari Jadi Kabupaten HSS.

"Alhamdulillah menjelang Hari Jadi ke-70 HSS, kita kembali bisa melaksanakan ziarah ke makam mantan bupati, pendiri HSS dan mantan sekretaris daerah yang makamnya ada di Kabupaten HSS," katanya, dalam keterangan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Lomba Sehati Plus Cinta Idol HSS, pendaftarannya dibuka mulai hari ini

Dijelaskan dia, melalui kegiatan ini tentunya ingin menghormati para pendahulu, sekaligus mendoakan agar jasa-jasa mereka selama ini untuk Kabupaten HSS menjadi amal yang diterima oleh Allah SWT.

Dan do'a bukan saja yang dimakamkan di Kabupaten HSS, tapi juga ditujukan kepada semua yang telah memberikan dharma bakti yang luar biasa untuk kemajuan di HSS, dan ini salah satu bentuk penghormatan pihaknya sebagai generasi penerus menjelang hari jadi ke-70 Kabupaten HSS.

Dengan menziarahi, pihaknya dari pemerintah daerah beserta seluruh jajaran dapat meneladani apa yang telah mereka dharma baktikan untuk daerah HSS, dan tradisi bisa terus dipertahankan di masa-masa yang akan datang.

"Meskipun tahun ini para penziarah dibatasi karena mengikuti protokol kesehatan, mudah-mudahan sekali lagi ini menjadi pendorong bagi kami untuk generasi penerus akan melanjutkan cita-cita dan perjuangan-perjuangan almarhum,” katanya.

Baca juga: Rapat persiapan hari jadi HSS dengan konsep berbagi dan protokol kesehatan

Ziarah dimulai mengunjungi makam H. Kasyful Anwar di Desa Karang Jawa Muka, dilanjutkan ke makam H. Darham Hidayat di jalan Brigjend HM. Yuseri, makam H. Saidul Hudarie di Kelurahan Jambu Hilir.

Kemudian ke makam H Asnawi Jumberi yang terletak di Desa Amawang Kanan, ke makam H. A. Gafuri, Kelurahan Kandangan Barat, makam H.M. Arlan, di Desa Gambah Luar dan diakhiri di makam H. A. Yunani, di Kelurahan Kandangan Kota.

Dalam ziarah tersebut, di tiap makam dilakukan do’a bersama yang dipimpin oleh KH. Mochjar Dahri, BA, bergantian dengan Ketua MUi HSS TGH. Muhammad Riduan Basri.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020