Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Kesehatan setempat mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Award 2020 dari Kementerian Kesehatan RI, Jumat (13/4).

 Penghargaan STBM Award merupakan ajang pengakuan dan bergengsi bagi daerah dalam mengklaim keberhasilan atas upaya percepatan perubahan perilaku masyarakat hidup sehat melalui tidak lagi ada praktik buang air besar sembarangan.

 Sebelumnya Kabupaten Tabalong mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF), sebagai kabupaten yang terbebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) pertama di Kalimantan pada Senin (12/10).

Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI dr.Imran Agus Nurali, Sp.K.O, pada saat menghadiri deklarasi ODF Kabupaten Tabalong, memberikan apresiasi kepada Kabupaten Tabalong sebagai daerah bebas BAB sembarangan.

Ia juga mengapresiasi adanya kolaborasi lintas sektoral yang dilakukan pemerintah daerah bersama industrial sektor serta masyarakat Kabupaten Tabalong hingga tercapainya ODF.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Adaro merupakan salah satu industri sektoral yang berkontribusi besar dalam pencapaian ini.

Sejak 2012 Adaro melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) menginisiasi awal program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat  dan dilanjutkan dengan implementasi program STBM hingga merumuskan suatu gerakan untuk percepatan pencapaian ODF yang dinamakan dengan TUNTAS!!! (Tinggalkan BABS Untuk Tabalong Sehat).

 CSR Division Head PT Adaro Energy/Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri, Okty Damayanti mengungkapkan pencapaian ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Adaro sebagai perusahaan yang mendukung dan peduli terhadap permasalahan sanitasi di wilayah operasionalnya.

 Selamat atas pencapaian Kabupaten Tabalong, semoga bisa mempertahankan apa yang sudah dicapai dan terus ditingkatkan untuk Tabalong Sehat dan Indonesia Maju.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020