Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD Tala), Hairul Rijal mengatakan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan pengembangan wawasan bagi pengelola Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pesedaan Tanah Laut (PNPM-MP Tala)  melakukan orientasi ke Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.


"Kegiatan orientasi yang dilaksanakan Senin (13/10) di Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur tersebut untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan serta wawasan belajar bagi pelaksana PNPM MP di Kabupaten Tanah Laut, "kata Hairul Rijal, di Pelaihari, Kamis (16/10).

Menurut dia, harapan yang didapat dari kegiatan tersebut adalah, peserta aktif dan kreatif dalam menggali informasi terkait pengelolaan PNPM-MP yang baik.

"Selain mengikuti orientasi, peserta juga diajak ke pabrik pengolahan susu dan tahu untuk melihat langsung proses pembuatan tahun, susu kedelai dan pembuatan kopiloak di Lembang Kabupaten Bandung. Kemudian mengikuti kegiatan out bond di Garfika Cikole," ujarnya.

Dijelaskannya, tujuan dari kegiatan out bond untuk meningkatkan kerjasama Tim PNPM-MP, baik unit pengelola kegiatan, fasilitator kecamatan, penangungjawab operasional kecamatan dan failitator teknik kabupaten.

"Kegiatan out bond diharapkan dapat meningkatkan kerjasama tim PNPM-MP Kabupaten Tanah Laut," terangnya.

Sementara, Kepala BPMPD Kabupaten Cianjur, Budhi Rahayu Toyib menyambut baik kehadiran rombongan PNPM-MP Kabupaten Tanah Laut melakukan orientasi ke Kecamatan Gebrong.

"Pengelola PNPM-MP di Kecamatan Gekbrong merupakan terbaik se Indonesia," tegasnya.

Ia berharap, semua kegiatn yang dilaksanakan Pengelola PNP-MP Kabupaten Tanah Laut di Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat dalam melaksanakan tugas.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Arianto


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014