Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka wisuda ke 97 program Diploma, Sarjana, dan Magister pada 4 November 2020. 

Pelaksanaan wisuda kali ini dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan terbagi di delapan lokasi berbeda demi mengurangi terpusatnya para wisudawan dan wisudawati di satu titik.

Lokasi utama pelaksanaan wisuda ke 97 ini di Auditorium ULM di Banjarbaru dan dihadiri oleh Ketua Senat ULM Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta, MS, Rektor ULM Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc, Sekretaris Senat, Dekan dan Direktur Pascasarjana. Pelaksanaan wisuda dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pagi dan siang; setiap sesi berlangsung selama satu jam. 

Wisuda kali ini, para wisudawan dan wisudawati tanpa didampingi oleh orang tua.
ULM menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka wisuda ke 97. (ANTARA/Firman)


Wisuda ke 97 meluluskan 84 lulusan program Diploma, 970 lulusan program Sarjana, dan 196 lulusan program Magister; S1 FKIP 237 orang, S1 Fakultas Hukum 73 orang, S1 FEB 93 orang, S1 FISIP 56 orang, S1 Fakultas Pertanian 49 orang, S1 Fakultas Kehutanan 33 orang, S1 Fakultas Perikanan dan Kelautan 31 orang, S1 Fakultas Teknik 130 orang, S1 Fakultas Kedokteran 78 orang, S1 Fakultas MIPA 94 orang. 

Untuk Diploma III; Akuntansi 40 orang, Perpajakan 18 orang, dan Analis Farmasi dan Makanan sebanyak 26 orang. Program S2 Ilmu Hukum sebanyak 31 orang, S2 Kenotariatan 13 orang, S2 Ilmu Ekonomi 5 orang, S2 Manajemen 11 orang, S2 Administrasi Publik 4 orang, S2 Administrasi Bisnis 3 orang, S2 Ilmu Pemerintahan 3 orang, S2 Agronomi 1 orang, S2 Ekonomi Pertanian 9 orang, S2 Teknik Sipil 9 orang, S2 Keguruan Olahraga 1 orang, S2 Pendidikan Guru Anak Usia Dini 9 orang, S2 Manajemen Pendidikan 1 orang, S2 Ilmu Pengetahuan Sosial sebanyak 10 orang, S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 16 orang, S2 Pendidikan Biologi 2 orang, S2 Administrasi Pembangunan sebanyak 16 orang, S2 Ilmu Kehutanan 5 orang, S2 Ilmu Perikanan 6 orang, dan Sumberdaya Alam dan Lingkungan 7 orang. 

Adapun wisudawan terbaik untuk program S2 atas nama Adwin Tista, M.I.P dari program studi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 4,00 lama studi 1 tahun 6 bulan. Wisudawan terbaik program S1 atas nama Aprilia Leonika, S.Hut dengan IPK 3,95 dan lama studi 3 tahun 8 bulan dari Fakultas Kehutanan. 

Wisudawan terbaik dari program Diploma III atas nama Muhammad Azhari, A.Md.PJK dengan IPK 3,98 dan lama studi 3 tahun 0 bulan dari program studi Perpajakan.
ULM menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka wisuda ke 97. (ANTARA/Firman)


Rektor ULM Prof Sutarto Hadi membuka sambutannya dengan mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang dikukuhkan pada wisuda ke 97 ini. 

Dia menyampaikan bahwa wisuda ini adalah momentum akhir dari sebuah perjalanan kecil tetapi sekaligus menjadi sebuah awal dari kelana panjang di universitas yang disebut kehidupan.

Sutarto mengingatkan para wisudawan bahwasanya apabila sedang menekuni suatu pekerjaan, maka segeralah menyelesaikannya. 

"Perjalanan panjang ribuan mil diawali oleh satu langkah. Saya berharap agar para wisudawan dapat membawa dan menjaga nama baik ULM serta mengamalkan ilmu dan keterampilan yang didapat kepada masyarakat," katanya.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020