Lembaga Pengembangan Bisnis Pama Banua Lima memberikan pendampingan langsung bagi Usaha Menengah Kecil dan Mikro di Kabupaten Balangan sebagai upaya mewujudkan kemandirian masyarakat.

Fasilitator LPB Pama Banua Lima, Egi Nugraha mengutarakan pendampingan langsung untuk memperkuat branding UMKM agar bisa berkembang.

"Kegiatan pendampingan ini bertujuan membantu memberikan solusi bagi setiap masalah Branding dan packaging produk serta memotivasi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya," jelas Edi.

Pendampingan branding dan packaging dilaksanakan pada 4 dan 5 November 2020 bagi UMKM mitra yang berada di Kecamatan Batu Mandi, Paringin Selatan dan Paringin Kabupaten Balangan.

Sebanyak 10 UMKM yang mengikuti kegiatan pendampingan tersebut, merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan Branding & Packaging pada tanggal 2 dan 3 November 2020.

Pendampingan dipandu secara langsung oleh instruktur sekaligus Owner Industri Kreatif “Casheila” , Muhammad Ryan Perdana dari Banjarbaru.

Dalam pendampingan ini, UMKM diberi arahan agar UMKM mempunyai branding produk mereka. Kemudian menjelaskan tentang manfaat dan pentingnya merek sebagai identitas bagi produk UMKM sehingga bisa berbeda dengan produk pesaing.

 Termasuk memberikan nilai tambah, meningkatkan potensi penjualan, membangun loyalitas pelanggan serta membuat konsumen tidak terpengaruh dengan harga dan menjadi daya tarik dan kebanggaan tersendiri.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Selain itu Instruktur juga melihat secara langsung branding dan packaging peserta pendampingan secara langsung sehingga permasalahan branding dan packaging di UMKM bisa diberikan solusi yang cepat dan tepat.

Salah satu peserta, Khair Riftia, UMKM Madu Kelulut Sahabat mengapresiasi LPB atas terselenggaranya Pendampingan ini.

Bagi Khair melalui pendampingan ini ia dapat berdiskusi langsung dengan narasumber terutama masalah packaging dan branding. Mana yang boleh di masukan dalam label dan mana yang tidak boleh dimasukan dan juga banyak sekali masukan saran yang dapat diterapkan oleh UMKM.

Kedepannya mudahan pendampingan terhadap umkn dapat berkelanjutan LPB PBL. LPB Pama Banua Lima sendiri didirikan pada 25 Oktober 2018 oleh PT Pamapersada Nusantara (PAMA) bersama Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), LPB PBL yang mempunyai Visi Menjadi lembaga pendamping bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terpercaya sebagai upaya mewujudkan kemandirian masyarakat.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020