Bupati Tanah Laut, Kalimabtan Selatan HM Sukamta  meminta,  seluruh kepala desa agar lebih baik dalam menggunakan anggaran dana desa untuk penanganan COVID- 19.

"Saya minta dalam pengelolaan dana desa cepat, tepat dan terpadu dalam upaya penanganan dampak ekonomi COVID- 19," ujar Bupati Tanah Laut HM Sukamta,  saat membuka acara workshop monitoring dan evaluasi penyaluran dan penggunaan dana desa Kabupaten Tanah Laut, di Aula Sarantang Saruntung, Selasa (3/11).

Sukamta juga menambahkan,  dimasa pandemi COVID-19, prioritas penggunaan dana desa ditujukan untuk pencegahan dan penananganan pandemi COVID-19.

 “Pandemi ini sangat mempengaruhi semua lini kehidupan kita, salah satunya ekonomi dan yang paling terdampak adalah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), maka dari itu kita harapkan dengan adanya proyek pembangunan dengan padat karya di desa dapat menggerakan usaha para pelaku UMKM,”ujarnya. 

Sukamta juga mengatakan,  pihaknya sudah mengambil berbagai tindakan guna percepatan penanganan virus corona di daerah tersebut.

Sukamta juga  mengungkapkan, Pemkab Tanah Laut sejak tanggal 25 Maret 2020  telah menetapkan status siaga darurat virus corona dan melakukan refocusing anggaran sebesar Rp 25 miliar untuk penanganan COVID-19, pemulihan dampak ekonomi dan kegiatan bantuan sosial tunai. 

“Ditambah bantuan usaha untuk pelaku usaha mikro dari presiden. Saya harap dapat segera memulihkan perekonomian masyarakat Tanah Laut. Saat ini sebanyak 8.900 orang penerima sudah siap salur dan 3.000 orang sudah dinyatakan siap verifikasi. Tolong para kepala desa diawasi, kalau ada yang tidak memiliki usaha jangan diberi surat keteranagan usaha verifikasi usahanya betul-betul,”ujarnya. 

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Pengawasan, Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Kalimantan Selatan Herman Hermawan, anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Dapil Kalsel H Gusti Farid Hasan Aman, Sekretaris Daerah Tanah Laut H Dahnial Kifli.

Selain itu, juga hadir Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Pelaihari Woro Triwening, kepala satuan kerja perangkat daerah terkait dan kepala desa se-Tanah Laut.
Bupati Tanah Laut HM Sukamta membuka acara workshop monitoring dan evaluasi penyaluran dan penggunaan dana desa Kabupaten Tanah Laut, di Aula Sarantang Saruntung, Selasa (3/11).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020