Koordinator Divisi SDM Organisasi dan Data Informasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan  Marsudi mengungkapkan,  dalam upaya  meningkatkan pemahaman dan penajaman dalam melaksanakan tugas maupun fungsi  Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Tanah Laut, Bawaslu Tanah Laut  menggelar rapat koordinasi (Rakor) selama dua hari. 

"Rakor berlangsung di Aston Banua,  Jalan Ahmad Yani kilometer  12 Kabupaten Banjar, Selasa (3/11) dan Rabu (5/11),"ujar Koordiv SDM Organisasi dan Data Informasi Bawaslu Tanah Laut  Marsudi, di Pelaihari, Senin (2/11).

Menurut dia,  peserta Rakor adalah Kasek Panwaslu Kecamatan se-Kab Tanah Laut dengan menghadirkan nara sumber dari  akademisi ULM Mahyuni sekaligus Tim Pemeriksa dari DKPP dan  Muhammad  Effendi, pakar hukum tata negara ULM.

"Selain itu ada  tiga narasumber internal komisioner plus koordinator sekretariat Bawaslu Kabupaten Tanah Laut," kata Marsudi. 

Narasumber dari Komisioner dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Tanah Laut, jelas dia, Koordinator Divisi PHH Gunawan Rahayu dan Koordinator Divisi HP3S Tri Widoyati dan Koordinator Sekretariat Bawaslu  Adly Rofiqah.

"Pada intinya Rakor ini memberikan pemahaman fungsinya,  tugas dan kewajiban panwascam,"ujar Marsudi.

Lebih lanjut dia mengemukakan, pihaknya juga berencana menggelar  bimbingan teknis  pengawas tempat pemungutan suara (TPS). 

"Oleh sebab itu panwascam harus memahami betul kerjanya, sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik,"terangnya. 

Kemudian, papar dia, pada  tanggal 16 November 2020 akan dilakukan pelantikan sekaligus bimbingan teknis 700 orang pengawas TPS. 

"Bimbingan teknis  dilakukan dua kali agar pengawas TPS memahami tugasnya dengan baik,"tegasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020