Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin siapkan tiga target dalam pelaksanaan Operasi Zebra Intan 2020 di kota setempat, salah satunya penurunan penyebaran COVID-19.

"Ada tiga target yang sudah kami siapkan  dalam operasi yang digelar mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020," ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rqchmat Hendrawan SIK MM di Banjarmasin, Senin.

Dikatakannya, tiga target dalam operasi kali ini di antaranya menurunnya angkan kemacetan dan pelanggaran, menurunnya angka kecelakaan lalu lintas dan terakhir menurunnya penyebaran COVID-19 di Kota Banjarmasin dan sekitarnya.

Sedangkan, untuk sasaran Operasi Zebra Intan 2020 kali ini adalah penindakan terhadap pengguna jalan yang tidak patuh terhadap aturan lalu lintas dan tidak disiplin dalam penerapan protokol kesehatan atau tidak memakai masker.

Putra asli Kalimantan Selatan itu juga mengatakan lakukan peneguran secara baik-baik dan humanis terhadap pengendara di jalan raya yang tidak mematuhi protokol kesehatan.
Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan SIK MM melakukan pemeriksaan pasukan dalam rangka apel gelar pasukan Operasi Zebra Intan 2020 di halaman Polresta Banjarmasin. (ANTARA/Ist)
"Saya minta dalam pelaksanaan operasi ini agar para personel melaksanakannya dengan sungguh-sungguh sesuai dengan target yang sudah ditentukan," tegas perwira menengah Polri kepada Kantor Berita Antara.

Bukan itu saja, ucap Kombes Rachmat, personel Polresta Banjarmasin dalam pelaksanaan kegiatan operasi yang dilakukan selama lebih kurang 14 hari ini haruslah menjalin kerjasama yang baik antar satuan fungsi dan instansi terkait.

"Silahkan, lakukan penindakan namun jangan lakukan pengejaran-pengejaran yang sifatnya bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain," kata orang nomor satu di lingkungan Polresta Banjarmasin itu.

Kapolresta Banjarmasin juga mengingatkan kepada para personel agar menjaga kesehatan dan tetap perhatikan protokol kesehatan saat bertugas di lapangan.

Lakukan antisipasi, menjelang pelaksanaan libur panjang atau cuti bersama, petakan kerawanan-kerawanan yang mungkin terjadi.

Alumni Akpol 95 berharap agar selama pelaksanaan kegiatan, para personel yang bertugas dapat mengedepankan kegiatan yang humanis sekaligus memberikan upaya-upaya pedisiplinan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru, dan ingat "kita patuh kita kuat". 

Untuk diketahui, pola Operasi Zebra Intan 2020 kali ini di antaranya 40 persen giat preemtif, 40 persen giat preventif dan 20 persen giat refresif. Operasi kali ini beda dengan operasi zebra di tahun sebelumnya di mana kali ini lebih mengutamakan penekanan penyebaran COVID-19.
 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020