PT Permodalan Nasional Madani (PNM) kembali melaksanakan Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Temu Nasabah UlaMM (TUNU) secara daring, bertema "Duduk di rumah menuju sukses dengan memanfaatkan media sosial", bentuk pembinaan motivasi nasabah dalam berusaha di masa pandemi COVID-19.

Pengarah PKU Salmani, di Banjarmasin, Selasa (20/10), mengatakan program dilaksanakan untuk para nasabah ULaMM Unit Teluk Dalam dan Kapuas pada tanggal 13 Oktober 2020 dan untuk nasabah ULaMM Unit Pelaihari dan Pasar Lama hari ini secara daring.

"Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi bapak dan ibu nasabah yang mengikuti secara aktif kegiatan PKU, semoga bisa bermanfaat dalam menambah ilmu dan pengetahuan dalam menjalankan usaha," katanya, dalam kata penutup program.

Selain itu, ucapan terima kasih kepada Narasumber Fathurrahman, Ketua Forum PLKP Hulu Sungai Tengah (HST) dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman dan diiringi do'a dan harapan agar musibah pandemi COVID-19 dapat segera berlalu.

Baca juga: Dampingi UMKM, PNM laksanakan pelatihan pemasaran dan pengelolaan keuangan

Begitupun ucapan serupa untuk tim Unit ULaMM Pelaihari dan Unit Pasar Lama, kabag PKU kantor Pusat dan staf, pemimpin dan wakil pemimpin cabang, MBU, KKU dan tim Unit, atas partisipasi dalam pelaksanaan PKU Online sehingga dapat berlancar lancar dan diiringi pesan untuk tetap semangat, sehat dan sukses selalu.

Narasumber PKU Fathurrahman, mengatakan pandemi COVID-19 berdampak pada semua segi kehidupan, tak terkecuali pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),setiap orang diharuskan menerapkan protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan juga mengatur pembatasan, seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, diiringi mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker, menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat di tengah terjadinya pandemi," katanya.

Menurut dia, tak dipungkiri kondisi ini memaksa setiap orang untuk bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi, sementara di sisi lainnya harus mencukupi kehidupan sehari-hari, sandang, pangan, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Baca juga: Video-PKU PNM Banjarmasin motivasi kreatif berbisnis bentuk UMKM kuat dan tangguh

Kebutuhan hidup tersebut tentu tidak bisa ditawar-tawar sebagai hal pokok, baik sebagai pribadi maupun makhluk sosial, strategi usaha yang perlu dibangun adalah bagaimana bisa kreatif dan inovatif, dengan memanfaatkan sarana dan prasarana untuk bisa mendukung dan mempertahankan kelanjutan usaha.

Menggunakan media sosial dengan tetap di rumah, berbisnis dengan menyajikan konten pemasaran yang menarik bisa menjadi salah satu alternatif, menjaga jarak dan menghindari kerumuman serta mencegah penularan virus.

"Usaha online ini memang berbeda dari kebiasaan sebelum terjadinya pandemi, namun ternyata mesti dilakukan agar usaha tetap berkelanjutan, disamping adanya himbauan tetap di rumah dan pembatasan secara sosial yang ada," katanya.

Sebelumnya, program ini didahului pengantar yang disampaikan Kepala Divisi PKU PT.Permodalan Nasional Madani (Persero) Rizky Wisnoentoro dan Pemimpin Cabang PT PNM Banjarmasin Syafri Rinansyah yang didampingi Wakil Pemimpin Cabang PT PNM Banjarmasin Joko Suprianto.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020