PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melaksanakan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) berupa Pelatihan Temu Usaha Nasabah ULaMM (TUNU) secara online, untuk memberi motivasi bertema "Motivasi kreatif bisnis membentuk UMKM yang kuat dan tangguh".

Kepala Divisi PKU PT PNM (Persero) Nasabah, Rizky wisnoentoro, mengatakan agar para nasabah Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) Barabai dan Tanjung serta nasabah Mekaar PT PNM (Persero) Cabang Banjarmasin tetap bersemangat dalam menjalankan usaha masing-masing.

"PT PNM diamanahi oleh negara tidak hanya memberikan modal berbentuk permodalan pembiayaan finansial semata, tetap juga harus memberikan model intelektual dan sosial," katanya, dalam sambutan pengantar PKU bagi nasabah, Selasa (8/9) siang. 

Dijelaskan dia, pelatihan yang dilakukan kali ini terutama secara online merupakan bentuk nyata dari komitmen PNM, untuk hadir mendampingi dan memberdayakan seluruh masyarakat indonesia, para pengusaha mikro yang juga merupakan pejuang keluarga.

Sambutan Kepala Divisi PKU PT PNM (Persero) Nasabah, Rizky wisnoentoro

 

Baca juga: Video - ULAMM PNM Banjarmasin perkuat kelembagaan usaha mikro

Sekarang ini  memang sedang menghadapi wabah COVID-19 yang menjangkiti seluruh dunia, masa tidak mudah tapi bukan berarti mengurangi semangat berusaha.

Dan karena di balik kesulitan selalu ada kemudahan, dibalik masalah ada jalan keluar, ia berpesan agar tetap semangat, tetap kreatif, tetap berinovasi dan dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi.

Pemimpin Cabang PT PNM (Persero) Cabang Banjarmasin, Syafri Rinansyah, mengatakan agar para nasabah PNM UlaMM senatiasa tekun berusaha, dan PKU di masa pandemi hanya dapat dapat dilaksanakan secara online.

"Kita memang tidak bisa bertemu, saling bertegur sapa, seperti kegiatan sebelumnya dan berjabat dalam silaturrahmi tatap muka secara langsung karena menyesuaikan dengan protokol kesehatan," katanya.

Pemimpin Cabang PT PNM (Persero) Cabang Banjarmasin, Syafri Rinansyah

 

Baca juga: ULAMM PNM Banjarmasin Kembangkan Ekonomi Kreatif

Menurut dia, selaku pemimpin cabang berterima kasih atas partisipasi dan kehadiran secara online, serta antusiasme peserta PKU dalam mengikuti rangkaian kegiatan sampai dengan selesai.

Diharapkan kegiatan ini berjalan dengan baik, meskipun di tengah pandemi COVID-19, pihaknya akan selalu hadir dalam mendampingi memberikan untuk para nasabah dalam menjalankan aktivitas usaha.

Begitupun, dengan adanya pelatihan pendamping dan konsulitasi ini, dapat memberikan manfaat kepada para nasabah sehingga usaha tetap dapat tumbuh dan tangguh, memberikan kontribusi peningkatan ekonomi dan usaha bagi daerah khususnya, dan umumnya bagi perekonomian nasional.
 

Simulasi, sosialisasi dan persiapan UMKM di era adaptasi kebiasaan baru

 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020