Sebanyak 39 orang dari kecamatan Loksado mengikuti tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Periksa Payudara Secara Klinis (SADANIS), yang langsung ditinjau Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj Isnaniah Achmad Fikry.

Ketua TP PKK Kecamatan Loksado Ida Suharni, di Loksado, Senin (19/10), mengatakan kegiatan tes IVA dan Sadanis dilakukan di dua tempat, yakni di Puskesmas Malinau dan Puskesmas Loksado.

Baca juga: Sembilan orang positif IVA di HSS, akan dijadwalkan ulang pemeriksaannya

"Jumlah yang mengikuti di Puskesmas Malinau diikuti 14 orang dari Desa Halunuk dan Desa Panggungan sebanyak lima orang, serta di Puskesmas Loksado berjumlah 20 orang, terdiri dari tiga desa, yakni dari Desa Loksado, Desa Hulu Banyu, dan Desa Haratai," katanya.

Dijelaskan dia, ini bertujuan dalam mendeteksi dini penyakit kanker serviks dan kanker payudara, kerjasama TP PKK HSS dengan Dinas Kesehatan Kabupaten HSS melalui seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Puskesmas.

Baca juga: 27 peserta ikuti program PKH-P keterampilan Handicraft Kecamatan Kandangan

Rutin dilaksanakan setiap tahun, di mana program ini termasuk dalam 10 program pokok PKK, tes IVA berupa deteksi dini kanker serviks, dan Sadanis untuk deteksi dini kanker payudara, yang mana pemeriksaan dilakukan oleh tenaga kesehatan.

Dalam peninjauan tes, Ketua TP PKK HSS Hj. Isnaniah didampingi Wakil Ketua I TP PKK Srie Astuti dan Ketua Pokja IV Norhadini Ulfah, bertempat di Puskesmas Malinau dan Puskesmas Loksado.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020