Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Hulu Sungai Selatan (HSS), Noryamin, menyampaikan sampai saat ini ada sekitar sembilan orang yang positif Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di HSS.

Ia mengatakan, untuk sembilan orang tersebut nantinya akan dilakukan penjadwalan ulang untuk pemeriksaan dan kriotheraphynya sesuai prosedur medis untuk menanggani kasus positif tersebut.

"Jadi dari kecamatan-kecamatan yang lain apabila ada IVA positif ini akan kita rujuk ke Puskesmas Kalumpang, karena untuk di Puskesmas Kalumpang ini ada alat dan dokternya juga sudah terlatih untuk krioteraphy bagi pasien positif," katanya, Jum'at (16/10).

Baca juga: 27 peserta ikuti program PKH-P keterampilan Handicraft Kecamatan Kandangan

Dijelaskan dia, untuk pemeriksaan IVA test dan Periksa Payudara Secara Klinis (SADANIS) Kecamatan Kalumpang pesertanya cukup banyak, dan untuk Puskesmas Kalumpang sendiri nantinya direncanakan sebagai fasilitas kesehatan rujukan.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, mengatakan pemeriksaan IVA test dan SADANIS di Puskesmas Kalumpang merupakan kegiatan rutin setiap tahun.

Pihaknya berkunjung ke Puskesmas Kalumpang untuk meninjau pelaksanaan pemeriksaan IVA test dan SADANIS untuk masyarakat Kecamatan Kalumpang. dan bersyukur pesertanya cukup banyak.

Baca juga: Pusat Pembelajaran Keluarga Rakat Mufakat HSS diresmikan

"Alhamdulillah pesertanya cukup banyak, kesadaran wanita juga cukup baik. Semoga dengan pemeriksaan ini para wanita dan ibu-ibu bisa terhindar dari kanker, terutama kanker payudara dan kanker rahim," katanya, dalam keterangan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dari Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Puskemas Kalumpang, IVA test sendiri sebagai bentuk deteksi dini kanker serviks.

Pemeriksaan hanya bisa dilakukan oleh dokter kandungan atau tenaga kesehatan lain yang kompeten, agar penegakan diagnosisnya tidak keliru. Sedangkan SADANIS adalah pemeriksaan payudara klinis, yang artinya dilakukan oleh petugas kesehatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020